Jumat, 26 April 2024

Hut Pers 2010 dan PWI ke 64, GUBERNUR: PERKEMBANGAN PERS SANGAT TERBUKA DAN DEWASA

Diunggah pada : 26 Maret 2010 11:42:58 4
thumb

Perkembangan perusahaan pers di Jawa Timur saat ini bersaing dengan sehat, baik itu dalam manajemennya hingga penyajian informasi kepada masyarakat dengan terbuka dan dewasa.
“Jadi saya bangga dengan kondisi dan perkembangan pers di Jatim, karena pers mampu memiliki sikap kedewasaan, yaitu dalam mendidik baik itu dalam memberikan informasi dan juga terbuka dalam hal perkembangan demokrasi yang sangat baik serta mampu memberikan solusinya,” ujar Gubernur Jawa Timur Dr H Soekarwo usai acara Hari Ulang Tahun Pers 2010 dan Hut PWI ke 64 di Hotel Shangrila Surabaya, Kamis (25/3) malam.
Dikatakannya, ini dibuktikan dengan menjaga proses demokrasi di Indonesia baik itu mulai dari pemilu, hingga pilkada di daerah di Indonesia begitu juga di Jatim dapat berjalan dengan _ancer dan aman, begitu juga dengan pengungkapan kasus korupsi yang mampu diungkap, serta ikut juga dalam proses pembangunan ekonomi di Indonesia dan juga di Jatim.
“Jadi semua organisasi baik itu swasta, LSM, maupun pemerintah dikritik oleh pers namun kritikan tersebut dapat memberikan masukan dan solusi, sehingga dengan kritik yang positif dapat melancarkan proses demokrasi, ekonomi, serta para investor dapat masuk di Indonesia dan juga di Jatim,” tuturnya 
Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jatim Dhiman Abror Djuraid mengatakan, ke depan diharapkan kehidupan masyarakat dapat lebih baik dengan konstrubusi pers untuk menciptakan dan menyajikan informasi yang lebih terbuka dan dewasa, sehingga dengan informasi yang terbuka dan sikap kedewasaan dapat membuat perkembangan pembangunan di Jatim.
“Jadi saya kira perkembangan pers di Jatim sangat dinamis dan menjadi barometer bagi pers di Indonesia, karena ini dilihat dengan banyaknya media swasta cetak, elektronik yang besar dan berkantor di Jatim,” ujarnya.
Dalam acara tersebut, gubernur dan PWI memberikan penghargaan pemenang Prapanca, yaitu karya tulis terbaik kepada Oryza A. Kurniawan dari Berita Jatim dengan karyanya Hikayat Bank Gakin, Sementara itu untuk kategori Fotografer Juara terbaik Suswantoro dari Harian Surabaya Post, dengan judul photo Nasib Pengadil yang Tidak Adil.
Selain itu juga PWI juga memberikan Awrad di Bidang Ekonomi Kepada PT Semen Gresik Persero, dan Ir H La Nyalla M. Mattalitti, di Bidang Sosial diberikan kepada Dr. Syamsul Maarif Msi Kepala BNPB, Bidang Pariwisata H Edy Rumpoko Walikota Batu, dan Bidang Kreatif Azrul Ananda Wakil Direktur Jawa Pos.
Untuk Tokoh Olahraga, yaitu Peni Suparto Ketua Umum Persema, Soekarno Marsaid Ketua Harian Koni Jatim, Bambang Dwi Hartono Walikota Surabaya, Saleh Ismail Mukadar Ketum Persebaya, dan Ketut Jaya olahraga golf. (pca)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait