Sabtu, 27 April 2024

BPPKB RENCANAKAN LIMA PROGRAM GALAKKAN KB

Diunggah pada : 25 Maret 2010 16:23:01 2
thumb

Badan Pemberdayaan Perempuan Keluarga Berencana (BPPKB) bekerjasama dengan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jatim menyiapkan lima rencana operasional Keluarga Berencana (KB) 2010.
Kepala Bidang Kelembagaan Pengarusutamaan Gender dan Pengarusutamaan Anak BPPKB Jatim, Dra DK Wardhani Danu Kusumo MM, di kantornya, Kamis (25/3) mengatakan, program pertama, yakni menjalin kerjasama dengan instansi terkait. Tujuannya untuk meningkatkan kemitraan dengan dinas, instansi, dan Organisasi Masyarakat (Ormas). Hasil yang diharapkan yakni terjadi kepaduan program pelayanan antar instansi pemerintah dengan ormas.
Program kedua, yaitu pengadaan dan pelayanan pemasangan kontrasepsi KB pada calon peserta. Tujuannya untuk meningkatkan ketersediaan alat, dan obat kontrasepsi dalam pelayanan keluarga miskin. Hasil yang diharapkan, memudahkan mendapat alat dan obat KB, serta meningkatkan kepesertaan KB keluarga miskin.
Program ketiga, yakni pemberian pendidikan kemasyarakatan produktif bidang KB. Tujuannya untuk meningkatkan keterampilan kader penyuluh KB di daerah. Program keempat yaitu pengembangan kebijakan pelayanan dan penguatan partisipasi masyarakat terhadap Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR). Tujuannya, agar dapat meningkatkan operasional petugas KB di daerah dan peranan kelompok remaja dalam keikutsertaannya menyosialisasikan pentingnya KB.
Kelima yaitu peningkatan pengembangan program KB yang berkualitas. Ini dimaksudkan untuk melaksanakan penguatan jaminan ketersediaan kontrasepsi dan pemantapan koordinasi. Program kelima ini diharapkan ada pemantapan koordinasi pelayanan di daerah, meningkatnya kesertaan berKB, dan meningkatnya kemampuan petugas pendata dan data base program KB yang akurat.
Pada rapat Kerja Daerah (Rakerda) BKKBN, terjadi revitalisasi logo KB dan juga perubahan badan yang awalnya BKKBN menjadi KKB yaitu Kependudukan dan Keluarga Berencana.(raa)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait