Rabu, 8 Mei 2024

RATUSAN PERWIRA KOBANGDIKAL IKUTI SOSIALISASI TAHUN PAJAK

Diunggah pada : 24 Februari 2010 9:32:29 7
thumb

Ratusan perwira Komando Pengembangan dan Pendidikan Angaktan Laut (Kobangdikal) mengikuti sosialisasi dan simulasi pengisian SPT Tahunan PPh Pribadi Tahun Pajak 2009 dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya  Krembangan, di gedung Moeljadi, Kesatrian Morokrembangan.
“Semua peserta terlihat antusias mengikuti sosialisasi ini hingga selesai,” kata Kepala bagian Penerangan Kobangdikal kapten Rohman Arif di kantornya Surabaya, Rabu (24/2).
Menurut Rohman, tim sosialisasi yang dipimpim Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Krembanngan Edy Triharyogo, memaparkan dengan lugas dan gamblang seputar pajak penghasilan (PPh), cara mendapatkan dan manfaat dari Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan cara pengisian SPT.
Diawal sosialisasi, Edy memuji prajurit TNI akan kepatuhan dalam membayar pajak penghasilan. “Saya sangat yakin akan ketaatan prajurit  TNI dalam bayar PPh, karena setiap bulannya langsung dipotongkan dari gaji,” pujinya.
            Dalam meningkatkan pelayanan sekaligus meningkatkan kesadaran para wajib pajak yang nantinya berimbas pada devisa yang diterima negara, lanjutnya sejak tahun 1983, sistem perpajakan di Indonesia sudah berubah dari sistem officer azasment menjadi self azasment.
Pada sistem officer azasment, besaran pajak yang harus dibayar ditentukan oleh kepala kantor pajak setempat, sedangkan self azasmen adalah besaran pajak yang harus dibayar ditentukan oleh tiap wajib pajak itu sendiri. Dengan sistem tersebut, para wajib pajak dapat mengitung, menyetor dan melaporkan besaran pajak yang harus dibayarkansedara mandiri. 
Komandan Kobangdikal Laksda TNI Sumartono dalam amanatnya yang dibacakan Wakil Komandan Kobangdikal Brigjen TNI Marinir Arief Suherman, mengucapkan terima kasih, atas pencerahan sosialisasi dan simulasi PPn dari Ditjen Pajak Kanwil Jawa Timur dalam hal ini kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya.
Menurutnya, pajak merupakan salah satu sumber utama pemerintah dalam pembiayaan penyelenggaraan negara. Dari sektor pajak, pemerintah  dapat melaksanakan pembangunan nasional di berbagai bidang. Untuk itu, peningkatan rasio pajak melalui peningkatan kesadaran dan kepatuhan masyarakat membayar harus terus ditingkatkan. Sebagai abdi negara, prajurit TNI harus mampu menunjukan loyalitas, dalam hal ini kepatuhan dan ketaatan dalam membayar pajak.
Ia berharap, seluruh prajuritnya mampu meningkatkan kesadaran pribadi sebagai wajib pajak, sekaligus menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat dalam melakukan kewajiban perpajakan, sehingga melaksanakan pembayaran pajak sesuai ketentuan  yang berlaku. Dengan adanya sosialisasi ini, seluruh anggota kobangdikal mampu menjadikan forum ini sebagai wahana  pencerahan, dialog serta berbagi pengalaman lintas institusi untuk meningkatkan dan mengembangkan pemahaman para wajib pajak khususnya di lingkungan Kobangdikal.

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait