Sabtu, 27 April 2024

BERKAS PEMILIHAN REKTOR UNESA DIKIRIM KE MENDIKNAS

Diunggah pada : 5 Februari 2010 13:28:45 12
thumb

Berkas Pemilihan Rektor (Pilreg) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) periode 2010-2014, hari ini (5/2)  telah dikirim ke Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas). Pernyataan ini disampaikan Kepala Humas Unesa, Heru Siswanto MSi, di Surabaya.
Heru mengatakan, sesuai janji rektor Unesa Prof Dr H Haris Supratno dalam waktu dekat ini berkas Pilreg harus sampai ke Mendiknas. 'Kita sudah berusaha keras untuk memenuhi janji tersebut dan hal ini sudah terlaksana dengan baik,' ujarnya.
Dosen Unesa ini menjelaskan, dalam mekanisme pemilihan rektor baru oleh presiden, ada beberapa tahapan yang harus dipenuhi. Di antaranya, berkas harus masuk ke Mendiknas dahulu sebelum ke presiden, Mendiknas memberikan masukan ke presiden untuk memilih beberapa calon yang ada, dan presiden mengangkat rektor baru yang telah terpilih.
'Pada intinya presiden berhak penuh untuk memilih salah satu calon rektor yang ada sedangkan Mendiknas hanya memberikan masukan tersebut,' katanya.
Lebih lanjut Heru menjelaskan, untuk rencana pengangkatan rektor baru di Unesa akan diputuskan presiden beberepa bulan kemudian. 'Paling lambat satu bulan sebelum rektor lama Prof Haris Supranto turun, untuk memutuskan rektor baru butuh banyak pertimbangan dari presiden,' tambahnya.
Diberitakan sebelumnya, calon Rektor Unesa yang dipilih Senat yaitu, Prof Dr Muclas Samani menduduki peringkat pertama, Prof Dr Hari Setijono peringkat kedua dan Mustadi peringkat ketiga. Siapa pun yang terpilih diharapkan bisa memberi perubahan besar bagi Unesa.
Heru mengimbau kepada seluruh warga Unesa untuk bersama-sama mendukung program baru Rektor Unesa yang nanti terpilih. Selain itu, siapapun yang menjabat sebagai rektor sudah teruji kapasitas dan pengalamannya.
 'Jadi kita tidak perlu ragu dengan kemampuan rektor yang terpilih, mereka sudah terseleksi dengan matang,' ujarnya.

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait