Jumat, 26 April 2024

WAGUB INGINKAN KONTINGEN POWARNAS JUARA II

Diunggah pada : 5 Februari 2010 10:04:49 3
thumb

Wakil Gubernur Jawa Timur, Drs Saifullah Yusuf mengharapkan kontingen Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) Provinsi Jatim dapat meraih juara ke-2 pada Porwanas XII di Sumatera Selatan yang saat ini tengah berlangsung.
Menurutnya, kontingen Jatim selama ini mampu menjadi juara III, dan  prestasi tersebut perlu ditingkatkan lagi dengan target lebih tinggi. Selain itu, Jatim juga diharapkan dapat menjadi tuan rumah Porwanas XIII, yang akan dilaksanakan tahun 2013 mendatang.
Demikian Wagub Jatim-yang biasa disapa Gus Ipul usai memimpin defile kontingen porwanas Jatim  pada pembukaan PORWANAS  X tahun 20010 didepan Menpora Andi Malarangeng, di Stadion Sriwijaya, Palembang, Kamis (4/1).
Ini senada dengan yang diharapkan Gubernur Jatim Dr Soekarwo saat melepas kontingen porwanas Jatim di kantor Pwi Jatim, Jl Taman Apsari Surabaya, Senin (1/2) lalu.
Sementara itu, dalam sambutannya Menteri Negara Pemuda dan Olahraga, Andi Malarangeng mengharapkan para wartawan untuk mengangkat terus para atlit berpestasi, termasuk dicabang olahraga yang belum popuper. Sebab, mereka merupakan para pahlawan yang telah mengharumkan nama bangsa.
Selain itu, diharapkan juga terus memajukan dan mengembangkan wacana pembinaan sehingga para stake holder bisa mengambil manfaat dari pemberitaan dan wacana tersebut. “Saya senang para wartawan ternyata juga bisa berdefile seperti atlit nasional. Terbukti mereka tidak hanya bisa mengkritik,” ujarnya disambut tepuk tangan hadirin.
Mengenai porwanas, Menpora menilai, tidak hanya menunjukkan kedekatan wartawan dan peduli dengan olahraga, tetapi juga menjadikan diri mereka sehat dan bugar. Bahkan, sejak dulu insan pers berada di garda depan memajukan keolahragaan Indonesia.
Dia menambahkan, wartawan dipersilahkan melakukan rembug nasional tentang persepakbolaan nasional sehingga negeri ini tidak hanya demam sepak bola dunia tetapi juga menorehkan prestasi dunia.
Andi juga mengimbau Porwanas dapat dijadikan momentum kebangkitan prestasi nasional. Dalam Sea Games beberapa tahun terakhir, prestasi negeri ini secara bertahap mulai membaik mulai dari peringkat lima, empat, sampai dengan ketiga. Diharapkan dalam waktu dekat, SEA Games XII 2011 di Palembang, Indonesia menjadi terbaik di negara-negara ASEAN.
Porwanas ke X kali ini diikuti 1.627 atlet dari seluruh provinsi Indonesia, kecuali Bali, Maluku, dan Gorontalo. Sebanyak 12 cabang dipertandingkan dalam even wartawan dua atau tiga tahunan ini. Antara lain, sepakbola, dayung, atletik, dan futsal.
Provinsi Lampung tercatat mengirim atlet terbanyak, yakni  102 orang. Sedangkan paling sedikit Sumatera Barat sebanyak 13 orang, karena wilayah tersebut belum pulih kondisinya pasca dilanda gempa 2009 lalu. Jatim sendiri mengirim 97 orang atlet, dan mengikuti beebrapa cabang olahraga, antara lain sepakbola, catur, bulu tangkis, dan bowling.

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait