Rabu, 8 Mei 2024

PELAYAR YEHOVA ELDIAS MASUK NOMINASI ATLET PUSLATCAB

Diunggah pada : 21 Desember 2009 13:26:23 21
thumb

Atlet layar asal perkumpulan Armatim, Yehova Eldias, berhasil menjadi satu-satunya atlet nominasi pilihan Pengurus Kota (Pengkot) Pesrsatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia (Porlasi) Surabaya yang akan dipersiapkan masuk dalam Pemusatan Latihan Cabang (Puslatcab) program tahun 2010 mendatang. "Catatan prestasi sebagai juara II di lomba kelas Optimist B yang diraih Eldias di kejuaraan Layar Piala KONI 2009, di Perairan Poras, Tanjung Perak Surabaya, 16-17 Desember kemarin, membuktikan bahwa prestasi yang dimiliki atlet debutan baru ini meningkat," kata Sekretaris Umum Porlasi Kota Surabaya, Uwais Alqarni, saat ditemui di Kantornya Jl Kayon Surabaya, Senin (21/12). Uwais mengatakan, salah satu kreteria persyaratan untuk atlet layar yang akan direkrut dalam Puslatcab, yakni minimal si atlet harus merebut juara III dalam ajang pagelaran Piala KONI yang digelar setiap tahun ini. Apalagi dengan adanya sistem promosi degradasi (promdeg) yang telah diterapkan dalam puslatcab. Hal ini sangat membantu agar para atlet untuk tetap berkompetisi dalam meningkatkan prestasi. Apabila mereka dipandang tidak mampu dan tidak dapat menunjukkan peningkatan prestasi maka atlet tersebut akan tergusur dengan atlet pendatang baru.

"Persaingan antar atlet di puslatcab harus ada sebab hal ini dapat memacu para atlet untuk tetap termotivasi dalam latihan sehingga diharapkan munculnya potensi jawara-jawara muda yang dapat diandalkan prestasinya di PON XVIII/2012 Riau," ujarnya. Munculnya jawara kelas Optimist B di even Piala KONI, menurut Uwais, sangat besar pengaruhnya bagi kekuatan tim layar Jatim. Sebab munculnya regenerasi para pelayar ini, prestasi dapat diorientasikan untuk dipersiapkan pada ajang multi even empat tahunan.

"Kelompok usia mereka masih dibawah 12 tahun. Apabila kemampuan mereka diasah dan diberi kesempatan untuk turun di setiap even lomba maka dapat dipastikan kekuatannya diharapkan mampu menjadi yang terbaik untuk merebut juara di PON 2012 mendatang," tuturnya. Ditambahkan, Porlasi Kota Surabaya saat ini sudah mempunyai dua pelayar kelas Optimist B yang menjadi kandidat untuk dipersiapkan tampil di ajang PON XVIII Riau, di sektor putra diduduki Rezka Zainul Muttakin dan di kelompok putri dipercayakan Widya Dwi Rizki Ananda.

"Meskipun kedua atlet tersebut belum masuk dalam skuad atlet Pusltda layar Jatim 100 jilid II namun prestasinya sudah dapat diperhitungkan untuk bersaing di level nasional. Potensi mereka sangat baik, untuk itu, sangat diperlukan tambahan frekuensi lomba untuk mendukung pengalaman serta jam terbang kedua atlet," imbuhnya.

Juara I Piala KONI 2009, untuk lomba kelas Optimist A direbut Muhammad Iqbal Febriansyah, II Muhammad Sirozul Huda, III Rinaldy Siwy, peringkat IV Achmad Fiqrul Rinaldi, dan urutan V diduduki Hedi Yunus Bagaskara. Juara I lomba kelas Optimist B diraih Rezka Zainul Muttakin, II Yehova Eldias, III Widya Dwi Rizki Ananda, urutan IV Frida Harum Kusumaningtyas, dan posisi V Eldiva. Sedangkan juara lomba Optimist Overall di sabet Muhammad Iqbal Febriansyah dengan total nilai yang diraih 13 dari delapan race yang dilombakan.

Juara I lomba kelas Laser 4.7 direbut Luizia Anazili, II Yustinus Rizki Kurniawan, III Octavianty Rizkillah, urutan IV Renata Rohmatullaili. Juara I lomba kelas Laser Radial disabet Gerina Nenggola Putri, II Anang Setyabudi, III Lia Anggraeni Mulyono, peringkat IV Frissiliya Suryaniasty, urutan V Beni Asmono. Sedangkan juara lomba kelas Laser Overall direbut Luizia Anazili dengan mengumpulkan nilai total 19 dari 10 race yang dilombakan.

Juara I lomba kelas Dinghy Overall direbut pasangan pelayar Ayu Rachmadani/Helen Anggraini yang mengumpulkan total nilai 15 dari tujuh race yang dilombakan, II diraih Eva Angela Moningka/Ida Ayu, III diduduki Yanuar Luckyto/Yohannes, urutan IV Abdul Wahab/Sutrisno, posisi V Rieza Iries Anggristo/Achmad Rizque, peringkat VI Febyan Rama Saputra/Irwan Effendi, dan urutan VII Sofiul Yani/Arifin.

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait