“Home Care” Layanan Kesehatan Jemput Bola Bagi Warga Kota Mojokerto

UMUM | 03 Mar 2021 05:58:03 PM

“Home Care” Layanan Kesehatan Jemput Bola Bagi Warga Kota Mojokerto

Jatim Newsroom - Guna meningkatkan layanan kesehatan kepada warga, Pemkot Mojokerto dirirkan “Home Care”. Layanan dengan sistem jempul bola ini dilakukan secara berkala di setiap rumah pada seluruh kelurahan yang ada di Kota Mojokerto.

Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari, didampingi Plt Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes dan PP KB) Kota Mojokerto drg. Maria Poeriani Soekowardani meninjau layanan Home Care di Lingkungan Randegan Kelurahan Kedundung Kecamatan Magersari Kota Mojokerto. Rabu (3/3/2021).

Pemerintah Kota Mojokerto telah menyiapkan sebanyak 54 tenaga pendamping  pada 18 kelurahan yang secara berkala bertugas melakukan pengecekan kesehatan meliputi tensi darah, Gula darah, serta pengecekan Kolesterol bagi seluruh warga di Kota Mojokerto.

“Melalui pengecekan awal inilah akan terpantau secara dini bagaimana kondisi kesehatan masyarakat yang ada di Kota Mojokerto. Apabila diperlukan tindaklanjut pengobatan,  maka akan segera disarankan untuk ke pelayanan kesehatan, apakah di puskesmas atau Rumah sakit rujukan sesuai dengan kebutuhan dari kondisi kesehatan warga tersebut,” katanya.

Ia berharap adanya pelayanan kesehatan secara dini dengan cara jemput bola ini, derajat kesehatan masyarakat di Kota Mojokerto bisa terpantau lebih awal, agar Pemerintah memiliki basis data terkait beberapa penyakit tidak menular serta tingkat capaian Standart Pelayanan Minimal (SPM)  Kota Mojokerto bisa meningkat.

Sementara itu Donaiyah (58) salah satu warga penerima PKH yang ditemui Ning Ita mengaku senang dengan adanya layanan home care yang diberikan oleh Pemerintah Kota Mojokerto. Menurutnya, dengan adanya layanan kesehatan jemput bola ini ia sekeluarga merasa tenang karena mengetahui kondisi kesehatan mereka secara berkala. (ern/s)

Views 5352
Web Statistic