Sabtu, 27 April 2024

Timsel : Tujuh Petahana Dinyatakan Lolos Seleksi Tes Tulis Anggota KPU Jatim

Diunggah pada : 21 November 2018 19:31:43 11

Jatim Newsroom - Seleksi anggota KPU Provinsi Jawa Timur periode 2019-2024 memasuki tes tulis, Senin (19/11) di Gedung AMEC Lantai 4 Ruang CBT 1 dan CBT 2 Kampus A Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga. Dimana dalam pelaksanaa tes KPU Jatim ini, dimulai pukul 14.30 sore yang diikuti 60 peserta termasuk tujuh petahanan anggota KPU Jatim. 

Ketua Seleksi Komisioner KPU Jatim Suko Widodo ditemui usai proses tes tulis, mengatakan Tujuh komisioner petahana dinyatakan lolos seleksi tes tulis penerimaan calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur periode 2019-2024. "Tujuh petahana lolos karena nilainya di atas standar minimal, yaitu 60," ujarnya.

Tujuh komisioner tersebut, adalah ketua KPU sekaligus divisi keuangan, umum dan rumah tangga Eko Sasmito (nilai 78,60), komisioner divisi sosialisasi, pendidikan pemilih dan partisipasi masyarakat Gogot Cahyo Baskoro (nilai 66,53), dan komisioner divisi data dan informasi Choirul Anam (nilai 70,33)

Kemudian, komisioner divisi perencanaan dan logistik Dewita Hayu Shinta (nilai 68,67), komisioner divisi teknis penyelenggaraan Muhammad Arbayanto (nilai 71,84), dua komisioner yang baru sebulan ini menjabat, yaitu Rochani (nilai 74,16) dan Insan Qoriawan (nilai 74,84). "Total peserta tes tulis yang dinyatakan lolos sebanyak 39 peserta. Sebenarnya kuota 49 peserta, tapi yang nilainya di atas 60 hanya ada 39 orang,"jelasnya.

Seluruh peserta lolos, diwajibkan mengiktu tahapan tes berikutnya, yaitu psikologi dan kesehatan jiwa yang akan digelar pada Rabu, (21/11) pukul 08.00-16.00 WIB di Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya.

Sementara itu, pada tahapan akhir sebelum dipilih tujuh nama yang layak menjabat komisioner KPU Jatim periode berikutnya, total 14 nama akan dipanggil untuk mengikuti tes uji kepatutan dan kelayakan oleh KPU RI.

"Hasil akhirnya, tujuh nama teratas dipilih, kemudian tujuh nama di lainnya masuk dalam daftar cadangan. Pelantikan dijadwalkan Februari 2019 atau bersamaan dengan habis masa jabatan periode sekarang oleh KPU RI," kata Sukowi yang pakar komunikasi Universitas Airlangga Surabaya tersebut.

Komisioner yang terpilih, akan bertugas melaksanakan perhelatan pemilu serentak, yaitu Pemilihan Presiden, Pemilihan DPD, Pemilihan DPR RI, DPRD Provinsi dan Pemilihan DPRD Kabupaten/Kota pada 17 April 2019.

Sementara itu, dalam pantau dilapangan pelaksanaan seleksi tes tulis KPU Jatim ini langsung dipantau oleh Ketua KPU RI, Arif Budiman. "Saya ingin memastikan prosesnya dan Alhamdulillah berjalan lancar," ujarnya di sela memantau proses tes tulis yang kali ini menggunakan sistem "computer asisstef test" (CAT) tersebut.

Tes tulis diikuti 60 peserta yang dinyatakan lolos tahap administrasi dengan mengerjakan sejumlah soal tentang kepemiluan, perundang-undangan terkait pemilu hingga wawasan kebangsaan selama 100 menit. "Soal antara peserta satu dan yang lain tidak sama sehingga tidak ada kesempatan bekerja sama," ucap mantan Ketua KPU Jatim tersebut.(pca/p)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait