Peningkatan Partisipasi Pemilih Jadi Poin Penting Suksesnya Pilkada 2018

PILKADA JAWA TIMUR | 23 Jan 2018 07:25:12 PM

Peningkatan Partisipasi Pemilih Jadi Poin Penting Suksesnya Pilkada 2018

Kepala Bakesbangpol, Jonathan Judianto ditemui di KPU Jatim, Selasa (23/1). Foto: Panca JNR

Jatim Newsroom -  Upaya peningkatan partisipasi pemilih oleh penyelenggara pemilihan bersama dengan Pemerintah Daerah (Pemda), menjadi poin penting dalam menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2018.

Hal itu yang disampaikan oleh Kepala Bakesbangpol Jatim, Jonathan Judianto ditemui usai sosialisasi Pilkada serentak dengan tema Mekanisme dan Prosedur Pemilihan Kepala Daerah yang diadakan Bakesbangpol Jatim di KPU Jatim, Selasa (23/1).

Menurutnya, untuk mensukseskan Pilkada Serentak 2018, diantaranya ada Pemda dan Penyelenggara Pemilihan yang memiliki peran penting. “Pemda membantu Penyelenggara Pemilihan dalam menyediakan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4), lalu menyediakan anggaran, membantu menjaga netralitas ASN, dan juga membantu meningkatkan partisipasi pemilih,”ujarnya.

Ia menambahkan, ada beberapa faktor keberhasilan suksenya pelaksana pilkada serentak 2018, yaitu faktor pertama penyelenggara pemilu, kedua Paslon, ketiga Partai Politik,  keempat peran media massa, kelima peran serta pemerintah daerah, dan keenam pemilih itu sendiri.

“Peningkatan partisipasi pemilih yang Kita dalam hal ini Pemda dan Penyelenggara lakukan, menjadi poin penting atau kunci untuk menyukseskan Pilkada Serentak 2018,"ujar Jonathan yang juga mantan Sekertaris KPU Jatim ini.

Divisi Umum, Keuangan dan Logistik KPU Jatim, Dewinta Hayu Shinta, mengungkapkan jika KPU sebagai penyelenggara pemilihan, dalam meningkatkan partisipasi pemilih melakukan sosialisasi ke beberapa segmentasi. “Dan inovasi terbaru Kita di masa milenial ini dengan menambah segmentasi netizen atau warga internet,"ujar Shinta sapaan akrabnya. (pca)

Views 20

 

 

Web Statistic