Sabtu, 27 April 2024

Pendidikan Politik Bentuk Watak Kepribadian Bangsa

Diunggah pada : 9 Mei 2018 19:04:21 34

Jatim Newsroom- Pemilihan umum langsung merupakan bentuk kedaulatan rakyat,ini sejalan dengan membangun demokrasi berbasis penguatan pengetahuan politik.

Hal tersebut disampaikan Bupati Blitar, H.Rijantopada acara Fasilitasi Koordinasi Partai Politik dan Stakeholders,dalamForum  Lintas Partai di Pendopo Ronggo Hadinegoro, Rabu (8/5).

Menurutnya, rakyat harus mendapatkan pendidikan politik sesuai Pasal 1 ayat (4) UU Nomor 2 Tahun 2011 tentang Partai Politik. Pasal ini menyebutkan bahwa pendidikan politik adalah proses pembelajaran dan pemahaman tentang hak, kewajiban dan tanggung jawab setiap warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Suatu keharusan pendidikan politik bukan hanya menjelaskan visi misi politik dalam Pilpres, Pileg dan Pilkada. Namun, keharusan pembelajaran dan pemahaman agar warga negara mengetahui peran dan fungsi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Menurutnya pula, pendidikan politik harus dijalankan secara terus-menerus dan berkelanjutan, bukan sebatas sosialisasi pribadi maupun parpol dalam pemilu dan pilkada. Keberlanjutan pendidikan politik dalam penjelasan UU parpol bertujuan agar terbentuk watak atau keperibadian bangsa Indonesia yang terbentuk atas dasar kesepahaman bersama terhadap nilai-nilai kebangsaan yang lahir dan tumbuh dalam kehidupan bangsa. Oleh karena itu, pendidikan politik dan perkaderan partai menjadi langkah peningkatan kualitas kehidupan berbangsa warga negara.

Bupati juga berpesan agar Pilkada serentak maupun Pemilu tahun 2019 mendatang bisa berlangsung kondusif. Kabupaten Blitar berperan dalam mensukseskan pesta demokrasi tersebut dengan menggunakan hak pilihnya.

Untuk diketahui, kegiatan tersebut diahdiri oleh KPU Kabupaten Blitar, Panwas, Fungsionaris partai, Rektor, Camat se-Kabupaten Blitar , tokoh agama, tokoh masyarakat serta oraganisasi keagamaan. Narasumber pada kegiatan tersebut, KPU Kabupaten Blitar dan dari Dirjen Politik Kemendagri.(edi/j)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait