KPU Surabaya : Proses Pelipatan Surat Suara Pemilu 2019 Berjalan Lancar

PILKADA JAWA TIMUR | 05 Mar 2019 10:49:01 AM

KPU Surabaya : Proses Pelipatan Surat Suara Pemilu 2019 Berjalan Lancar

Jatim Newsroom - Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Surabaya memastikan bahwa pengawasan, serta pemantauan lipatan surat suara dan sortir untuk Pemilu 2019 di Gudang Logistik di Kalilom Lor Surabaya berjalan lancar.

Anggota KPU Surabaya Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Muh Kholid Asyadulloh dikonfirmasi di kantor KPU Surabaya, Selasa (5/3) mengatakan, secara umum proses sortir dan pelipatan tidak mengalami kendala."Semua berjalan sesuai SOP yang ditentukan KPU RI. Misalnya, mulai dari pemisahan antara surat suara per Dapil sudah dipisahkan. Untuk surat suara yang mengalami kerusakan dari percetakan sudah disendirikan," ujar Kholid

Kholid menjelaskan, petugas KPU Surabaya juga membuat berita acara perhari untuk mendata jumlah surat suara yang rusak. Data ini nantinya akan diserahkan ke KPU RI untuk ditindaklanjuti. "Berita acara surat suara rusak nantinya tinggal kami laporkan ke KPU RI, karena untuk percetakan ulang itu sudah ranahnya KPU RI," katanya.

Bahkan, Kholid memastikan, proses sortir dan pelipatan surat suara DPRD Surabaya, DPRD Jatim, DPR RI, DPD, dan Pilpres ini ditarget selesai pada 15 Maret mendatang. "Insyaallah tanggal 15 Maret selesai untuk surat suara di Surabaya," katanya.

Kholid juga memastikan, KPU Surabaya dan Bawaslu Surabaya telah mengecek seluruh kotak suara yang terbuat dari karton, tidak mengalami masalah. "Kotak suara juga sudah dicek dan tidak ada yang rusak. Karena gudangnya ini tergolong baru," katanya.

Kholid menambahkan, mekanisme penjagaan surat suara ini cukup ketat. Kepolisian terus menjaga 24 jam di gudang logistik. Komisioner KPU Surabaya juga setiap hari bergantian datang ke gudang logistik untuk memantau. "Staf KPU Surabaya ada yang ngantor di sana. Bawaslu juga mengirimkan personel ke sana setiap harinya," katanya. (pca/p)

Views 658

 

 

Web Statistic