Jumat, 26 April 2024

KPU Siapkan Perencanaan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pilgub Jatim

Diunggah pada : 6 Maret 2018 16:14:12 3

Jatim Newsroom - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur kini siap melakukan perencanaan matang sebelum tahapan pemungutan dan penghitungan suara dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jatim atau Pilgub 2018.

"Perencanaan ini menjadi sangat penting agar hasil yang diperoleh bisa terukur secara maksimal," ujar komisioner KPU Jatim, Muhammad Arbayanto ketika dikonfirmasi di Surabaya, Selasa (6/3).

Menurutnya, terdapat beberapa hal yang membuat perencanaan sebelum pemungutan dan penghitungan suara menjadi penting, antara lain menjadi bagian dari pengarahan, mengurangi ketidakpastian hingga menjadi bagian yang bisa meningkatkan efisiensi. Dengan demikian, perencanaan yang matang sebelum tahapan pemungutan dan penghitungan suara maka akan menjadi alat bantu melakukan kontrol dan evaluasi.

Selain itu, pria yang akrab disapa Arba tersebut menyampaikan dalam persiapan sebelum tahapan pemungutan dan penghitungan suara juga dibutuhkan perencanaan secara operasional. "Artinya, perencanaan yang dilakukan secara detil dan terperinci untuk pencapaian tujuan lebih efektif dengan cara penyusunannya dilakukan dalam jangka waktu yang terukur. Nah, dalam konteks Pilkada Jatim dapat diterapkan setiap tahapan dan kegiatan-kegiatan setiap tahapan," ucapnya.

Arba yang juga Divisi Teknis KPU Jatim, mengaku mendapatkan hasil dari Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemungutan, Penghitungan Suara, dan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara serta Sosialisasi Situng Gelombang II oleh KPU RI.

Pilkada Jatim yang akan digelar 27 Juni 2018 untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2019-2024 diikuti dua pasangan calon, yakni Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak dengan nomor urut satu, dan Gus Ipul-Puti Guntur nomor urut dua. (Pca/p)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait