Sabtu, 27 April 2024

KPU Sampang Ajak Pemilih Pemula dan Disabilitas Gunakan Hak Pilih

Diunggah pada : 24 Mei 2018 16:54:57 4

Jatim Newsroom – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang mengajak pemilih pemula dan penyandang disabilitas untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan Bupati –Wakil Bupati dan Gubernur-Wakil Gubernur pada 27 Juni mendatang.

“Hak pilih seluruh kalangan tak terkecuali pemilih pemula dan disabiltas dijamin dan sangat kami perhatikan. Harapannya, apapun keterbatasannya masyarakat bisa menyalurkan hak pilihnya pada hari pencoblosan,” kata Komisioner Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Sampang Miftahur Rozaq, Kamis, (24/5).

Ia menuturkan pihaknya sudah melakukan beberapa kali sosialisasi sesuai amanat peraturan KPU yang mengharuskan dan memastikan aksesibilitas semua segmen pemilih. Selain itu, sosialisasi bertujuan memberikan pendidikan tentang cara memilih yang benar, dan dapat mengoptimalkan peningkatan partisipasi pemilih sesuai target yang telah ditetapkan.

Komisioner Perencanaan dan Data KPU Sampang, Addy Imansyah, menambahkan sosialisasi yang dilakukan untuk memberikan pemahaman dan edukasi kepada pemilih disabilitas dan pemula terkait semua aspek yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pilkada agar bisa menjadi pemilih yang cerdas.

”Kami memberikan perhatian lebih kepada para pemilih yang memiliki kebutuhan khusus dan pemilih pemula. Sehingga mereka bisa memilih secara benar dan sah,” terangnya.

Ditambahkannya, selain menggelar sosialisasi, KPU secara kelembagaan juga telah memerintahkan PPK maupun PPS untuk memfasilitasi pemilih disabilitas agar bisa mengakses lokasi TPS. Termasuk menyediakan sarana khusus terkait penyediaan surat suara template/braille. (luk/s)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait