Jumat, 26 April 2024

KPU RI : Keseluruhan Acara Debat Pilgub Jatim 2018 Berjalan Menarik dan Bagus

Diunggah pada : 11 April 2018 10:09:20 9

Jatim Newsroom - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Arif Budiman Arief Budiman mengapresiasi pelaksanaan debat Cagub-Cawagub Jatim yang dianggap sangat menarik, seru dan bagus bila dibandingkan debat pilkada daerah lain.

"Secara keseluruhan menarik. Ini sangat menarik, format, polanya menarik. Secara keseluruhan menarik," ujar Arif Budiman ditemui usai acara debat publik di gedung dyandra Covention Center, Selasa (10/4) malam.

Arif yang juga mantan anggota KPU Jatim ini, menanggapi jalannya debat cagub Jatim yang sempat diwarnai emosi kedua paslon. Menurutnya, debat seperti ini diharapkan bisa menggugah gairah pemilih untuk menggunakan hak suaranya. “Bagus, sudah jalannya debat berjalan lancar. Masing-masing paslon mengeluarkan semua visi misi dengan baik, tinggal pemilih mencermati pemilih dengan cerdas. Saya harap ini mampu menggugah semangat pemilih untuk menggunakan hak pilihnya," harapnya

Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito menilai debat Cagub-Cawagub Jatim berhasil berkat dukungan semua pihak. "Ini berhasil untuk kegiatannya, media, substansi, materi, para paslon kemudian pendukung juga semua pendukung proses ini sehingga jadi proses yang baik,"ujarnya.

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiawan mengapresiasi debat Cagub Jatim yang berjalan aman dan lancar. Selain untuk polisi, ucapan terima kasih juga layak diberikan kepada pihak lain yang turut membantu kelancaran kegiatan ini."Alhamdulillah semua berjalan baik sesuai dengan tahapan, aman serta lancar tidak ada gangguan, berakhir dengan kepuasan,"ujarnya.

Rudi mengakui, jika sempat ada keributan antara petugas dengan tim pasangan calon saat rombongan paslon memasuki lokasi. Menurut Rudi, keributan terjadi karena ada miss komunikasi antara panitia dengan para pendukung paslon. "Ada keributan karena ada miss komunikasi. Tapi secara keseluruhan berjalan lancar dan aman,"tegasnya.

Didebat pertama, tema yang diusung adalah Kesejahteraan Rakyat yang bahasannya meliputi kesejahteraan bidang pendidikan, ketenagakerjaan, kesehatan, keagamaan, sosial budaya, sosial kemasyarakatan, konflik sosial dan ideologi, HAM, kebangsaan, kepemudaan serta keperempuanan.

KPU menyiapkan empat orang sebagai panelis, yaitu Abdul Chalik dari UIN Sunan Ampel, Nunuk Nuswardani dari Universitas Trunojoyo Madura, Fauzan asal Universitas Muhammadiyah Malang dan seorang aktivis antikorupsi Luthfi J Kurniawan.

Pilkada Jatim yang digelar pada 27 Juni 2018 untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2019-2024 diikuti dua pasangan calon, yakni Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak dengan nomor urut 1, dan Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno nomor urut 2.

Pasangan nomor 1 merupakan usungan dari koalisi Partai Demokrat, Golkar, PAN, PPP, Hanura, dan NasDem, sedangkan pasangan nomor 2 adalah calon dari gabungan PKB, PDI Perjuangan, PKS, dan Gerindra. (pca/p)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait