KPU Bojonegoro Berencana Gunakan Kotak Suara Karton Kedap Air

PILKADA JAWA TIMUR | 10 Oct 2018 11:41:24 PM

KPU Bojonegoro Berencana Gunakan Kotak Suara Karton Kedap Air
Foto : istimewa

Jatim Newsroom – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro berencana menggunakan Kotak suara tersebut berbahan dasar karton kedap air, bersifat habis pakai dan transparan. Kotak suara tersebut berbentuk persegi empat ukuran 40 cm x 40 cm x 60 cm.

“Kotak suara karton kedap air telah disepakati. Bagian samping terlihat transparan seperti kotak tempat wadah kerupuk. Jadi saat benghitungan nanti surat suara yang berada di kotak akan terlihat,” kata Komisoner KPU Kabupaten Bojonegoro Divisi SDA dan Parmas, Mustofirin, Rabu,  (10/10).

Ia menjelaskan kotak suara transparan tersebut rencananya akan digunakan untuk pemilu 2019 mendatang. “Kotak suara lama yang masih memungkinkan jika digunakan kembali.  Kami akan mempertimbangkan kondisi kotak-kotak suara yang lama, termasuk bahan pembongkaran dari gudang dan perakitannya kembali,” tandasnya.

Sebelumnya, KPU RI menyatakan dalam rancangan PKPU disebutkan pada Pemilu 2019 menggunakan kotak suara terbuat dari karton kedap air yang pada salah satu sisinya transparan. Ketahanan kotak suara karton telah diuji coba dan terbukti tidak kemasukan air jika jatuh ke sungai atau laut. (luk/s)

Views 28

 

 

Web Statistic