Jumat, 26 April 2024

Khofifah Perjuangkan Akta Kelahiran Anak Yatim, Gus Ipul Dapat Dukungan Fatayat Lamongan

Diunggah pada : 14 Maret 2018 9:32:33 2

Jatim Newsrom - Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam kampanyenya  memberi perhatian khusus terhadap pemenuhan dasar kepemilikan akta kelahiran untuk anak panti asuhan. Sementara itu, Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf dalam kampanyenya mendapat dukungan dari Muslimat dan Fatayat NU Lamongan.

Saat menengok anak-anak Pondok Pesantren Millinium Tenggulunan Sidoarjo, Selasa (13/3). Khofifah berjanji akan memperjuangkan hak akta kelahiran anak-anak yatim piatu. Sebab, tanpa identitas akta kelahiran tentu akan menghambat proses pemenuhan hak hidup anak-anak di Indonesia.

Ia meminta pemerintah setempat memberikan jalan dan memberi perhatian khusus terhadap anak-anak terkait pemenuhan akta kelahiran sebagai bukti hadirnya negara untuk rakyatnya.

"Kita harus penuhi hak dasar mereka. Akta kelahiran harus dipenuhi, berharap akan ada formula dimana anak-anak ini butuh akta kelahiran. Terutama dari Dukcapil sini. Mudah-mudahan ketemu formulanya.  Jangan sampai stateless karena tidak punya identifikasi sebagai warga negara Indonesia," pungkas Khofifah

Sementara itu, Cus Ipul saat berkunjungan ke Lamongan mendapat dukungan penuh dari Mubalighoh, Muslimat, dan Fatayat Nahdlatul Ulama yang berkumpul di pesantren Sunan Drajat, Banjarwati, Paciran, Senin (12/3).

Gus Ipul mengaku bangga dan berharap para Ibu Nyai dan Mubalighoh bisa menyampaikannya ke masyarakat yang lebih luas. Ia mengatakan, program penguatan pesantren akan terus dilakukan. "Saya bangga bisa berada di pesantren ini. Pondok seperti ini harus kita jaga dan kembangkan," katanya.

Untuk menjaganya, salah satu yang akan dia lakukan adalah dengan program BOSDA Madin Plus. Kelak beasiswa untuk para guru Madin akan ditingkatkan jumlahnya. Para guru dan penghafal Quran yang sudah mengambil S1 juga akan dikuliahkan lagi ke S2. (hjr, jal/p)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait