Sabtu, 27 April 2024

Kapolda, Pangdam, KPU, Bawaslu dan Parpol Deklarasi Pilkada Damai

Diunggah pada : 25 April 2018 15:41:03 1

Jatim Newsroom - Guna menciptakan Pilkada 2018 di Jawa Timur berlangsung aman dan kondusif, Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin bersama Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Arif Rahman melakukan deklarasi Pilkada damai. Deklarasi dipimpin Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito bersama Ketua Bawaslu Jatim, M Amin, dan perwakilan Parpol dari DPD dan DPW di Jawa Timur.

"Kami sangat mengapresiasi upaya Kapolda dan Pangdam untuk melakukan deklarasi Pilkada damai dengan melibatkan Parpol peserta pemilu. Harapannya agar Pilkada bisa dilaksanakan tanpa kekerasan dan hiruk pikuk di tingkat masa,. Bisa dilaksanakan dengan damai dan kondusif," kata Eko Sasmito di Mapolda Jatim, (25/4).

Ia juga mengimbau masyarakat Jatim serta parpol dan tim sukses untuk bisa mengikuti aturan pelaksanaan Pilkada dengan baik. "Kita ikuti aturan dengan gembira. Ini biasa. Pemilu ini terus  dilakukan lima tahun mendatang. Harapannya masyarakat sadar akan kegiatan Pilkada yang baik untuk mencari pemimpin yang diinginkan masyarakat," tuturnya.

Untuk tahapan Pilkada, pihaknya sudah menetapkan DPT dan masih menjalankan tahap kampanye. Untuk debat publik masih dilakukan dua kali lagi tanggal 8 Mei dan 23 Juni. "Semoga bisa jalankan dengan baik. Saat ini Paslon juga tidak ciptakan suasana tegang. Dengan cara Jatim guyub rukun," ujarnya.

Kapolda menambahkan, deklarasi melibatkan KPU, Bawaslu, dan Timses dari paslon dan parpol. "Dengan deklarasi ini, kita ajak mengawal Pilkada yang aman dan damai. Kita sambut pesta demokrasi ini dengan kegembiraan bukan dengan ketakutan. Mudah-mudahan bisa dilaksanakan di tingkat provinsi hingga desa," tambahnya. 

Jenderal polisi bintang dua tersebut juga berharap semua pihak membangun kondusivitas dan kesejukan. “Jangan memprovokasi. Sehingga makin dewasa sehingga pada gilirannya waktunya nyoblos, terpilih pemimpin yang diharapkan masyarakat," tukasnya. (afr/p)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait