Sabtu, 27 April 2024

Debat Pilgub Jatim Putaran Tiga Siap Digelar Sabtu

Diunggah pada : 21 Juni 2018 14:35:46 3

Jatim Newsroom - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim terus mematangkan dan mempersiapkan pelaksanaan Debat Pilgub Jatim ketiga yang akan dilaksanakan pada Sabtu (23/6) di Gedung di Dyandra Convention Center Basuki Rahmat Surabaya.

Anggota Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat (SDM dan Parmas) KPU Jawa Timur, Gogot Cahyo Baskororo dikonfirmasi KPU Jatim, Kamis (21/6) mengatakan, secara garis besar untuk debat publik III Pilgub Jawa Timur sama dengan debat publik yang sebelumnya. Tema yang akan diangkat dalam Debat Publik III berkaitan dengan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik.

Ia menjelaskan, untuk materi debat publik III dibahas oleh tim panelis yang berasal dari kalangan akademisi sebanyak 4 orang yang kompeten dalam bidang keilmuan masing-masing. Mereka nanti yang akan membacakan dan memasok pertanyaan yang ditujukan ke kedua pasangan calon (Paslon) yang ikut debat publik III Pilgub Jawa Timur.

Debat Publik III Pilgub Jawa Timur nanti akan ditayangkan langsung oleh TV One, serta relay oleh beberapa stasiun televisi lain. Gogot berharap dengan memakai sistem siaran langsung tersebut, diharapkan kepada kedua paslon untuk hadir tepat waktu. “Harapan kami untuk debat publik yang terakhir ini lebih baik lagi," ujarnya.

Sementara itu Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito mengatakan pada debat ketiga ini nanti para cagub dan cawagub diminta untuk menyampaikan konten kearifan lokal seperti melalui parikan yang terkait langsung dengan Jawa Timur. "Sekarang ini temanya tata kelola pemerintahan, fokusnya bagaimana para calon gubernur ini bisa melayani masyarakat saat terpilih nanti. Tema ini yang membedakan dengan tema-tema sebelumnya,"ujarnya.

Debat publik terakhir ini, kata Eko, setiap media partner punya modifikasi teknis sendiri untuk penyampaian pertanyaan ke pasangan calon. "Kali ini pasangan calon juga akan menampilkan konten kearifan lokal, mungkin bisa dengan cara parikan. Meski begitu host-nya nanti masih bisa memahami konten lokal itu," katanya.

Eko mengaku bersyukur dan berterima kasih kepada kalangan akademisi di Jatim memiliki ketertarikan terhadap hal-hal yang berhubungan dengan Pilgub. Banyak masukan masyarakat dan akademisi ke KPU Jatim yang sangat bagus tentang model-model kegiatan di Pilgub. "Kami sudah rapat kordinasi dengan panelis, media dan tim pasangan calon. Hari ini akan rapat lagi. Kami tetap konsentrasi di debat publik di hari terakhir kampanye ini. Aparat keamanan punya beberapa skenario pengamanan dan semuanya sudah kami kordinasikan dengan baik," katanya.

Ia menambahkan, konsentrasi paling besar bagi KPU Jatim adalah bagaimana meningkatkan sebesar-besarnya partisipasi publik di Pilgub Jatim. Dia berharap semua bisa berjalan lancar. "Baru saja saya ketemu Kapolda dan beliau juga beberapa kali menginisiasi kegiatan-kegiatan untuk menciptakan pilgub yang damai dan aman," ujarnya. (pca/p)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait