Rabu, 8 Mei 2024

Buruh Rokok Malang Dukung Gus Ipul-Puti, Kiai NU Gresik Dukung Khofifah-Emil

Diunggah pada : 2 Maret 2018 7:30:15 17

Jatim Newsroom – Ragam dukungan terus mengalir dari berbagai unsur untuk Calon Gubernur Jawa Timur baik untuk paslon Cagub nomor urut 1, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak maupun nomor urut 2, Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno.

Di Malang, ribuan buruh  rokok di Unit Mitra Produksi Sigaret (MPS) KUD Sumber Makmur Ngantang, Kamis (1/3) menyatakan mendukung Gus Ipul-Puti. Saat bertemu, Gus Ipul berkomitmen menyiapkan semakin banyak lapangan pekerjaan, khususnya bagi perempuan melalui pemberdayaan perempuan di industri pengolahan tembakau yang hingga kini masih menjadi salah satu yang terbesar. "Sektor pengolahan tembakau menjadi salah satu penyumbang bagi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB, red) Jawa Timur," katanya

PDRB Jawa Timur saat ini ditopang oleh tiga sektor utama. Yakni sektor olahan (29 persen), perdagangan (17 persen), dan pertanian (13 persen). Untuk industri olahan, sektor terbesar masih berasal dari makanan dan minuman yang mencapai 31 persen. Sementara yang kedua adalah industri olahan tembakau dengan 27 persen. termasuk di dalamnya adalah MPS.

Tak hanya berhasil menyumbang PDRB dan lapangan pekerjaan, industri tembakau juga ikut memberikan pemasukan terhadap pendapatan negara. Ada sekitar Rp 140 triliun lebih yang berasal dari sektor ini, Rp 70 triliunnya dari Jawa Timur.  Oleh karena banyaknya nilai manfaat yagn diberikan oleh industri tembakau, dirinya akan berusaha menjaga keberadaannya. "Oleh karena itu, maka kami ingin usaha-usah yang terkait dengan lapangan pekerjaan harus dijaga dan dipelihara," ujarnya.

Sementara itu di Gresik, kiai Gresik memastikan dukungannya kepada pasangan calon Khofifah Indar Parawansa - Emil Elistianto Dardak di Pilgub Jatim 2018. Khofifah-Emil dinilai dua sosok yang kompeten untuk memimpin Jawa Timur selanjutnya. Ini saat Khofifah bersilaturahmi ke kediaman Ketua MPCNU (Majelis Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama) Mentingan Gresik, KH Edris, Kamis (1/3). Dukungan sekaligus doa juga disampaikan sejumlah kiai yang hadir, demi menggagas Jawa Timur yang lebih sejahtera. "Menganti ini, Insya Alloh menang. Untuk urusan Bu Khofifah di Menganti Insya Alloh sukses, Khofifah sebagai Gubernurnya," kata KH Edris di kediamannya.

Ketua PERGUNU (Persatuan Guru Nahdlatul Ulama) Kabupaten Gresik juga mengungkapkan hal senada. Warga Nahdlatul Ulama, dikatakan totalitas akan mendukung duet duo NU tersebut. Selain itu, hadir sejumlah Tokoh NU yang siap memenangkan pasangan Khofifah-Emil. Mereka yang yang hadir antara lain, KH Muhtadi, KH Hanafi, KH Masduki dan KH Madhan.

Seperti diketahui, Khofifah maupun Emil dikenal sebagai sosok pemimpin Jawa Timur yang lahir dan besar di organisasi keagamaan Nahdlatul Ulama (NU). Khofifah, tercatat awal kiprahnya di NU sebagai anggota IPPNU, Fatayat dan kini Ketua Muslimat NU. Sementara itu, Emil Dardak disebut sebagai kader NU kultural. Saat menuntaskan studi di Jepang, Emil tampil sebagai penggerak eksistensi NU cabang istimewa di Negara Matahari Terbit tersebut. (hjr, jal/p)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait