Jumat, 20 September 2024

Unesa Libatkan Korea dalam Pengembangan Lab Anti-Doping

Diunggah pada : 11 November 2022 23:08:43 81
Foto : Jajaran pimpinan Universitas Negeri Surabaya (UNESA) melakukan kunjungan kerja ke Korea Anti Doping Agency (KADA) yang berada di Seoul, Korea (Humas UNESA)

Jatim Newsroom- Jajaran pimpinan Universitas Negeri Surabaya (UNESA) melakukan kunjungan kerja ke Korea Anti Doping Agency (KADA) yang berada di Seoul, Korea Selatan sejak 9 November 2022. Kunjungan ini dalam rangka melihat langsung cara kerja dan tata kelola KADA yang sudah terakreditasi oleh World Anti-Doping Agency (WADA) itu.

"Kami melihat fasilitasnya, laboratoriumnya dan belajar banyak hal dari mereka (KADA, red) yang ini nantinya berguna dalam mengembangkan Lab Anti Doping UNESA," ujar Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., Rektor UNESA, Jumat (11/11/2022).

Cak Hasan menambahkan, selain meninjau, UNESA juga menginisiasi kerja sama dengan Doping Control Center di Korea Institute of Science and Technology (KIST) serta Korea Institute of Sport Science (KISS).

"Kami juga mengajak mereka berkerja sama untuk mengembangkan Lab Anti-Doping bersama di Indonesia dalam hal ini UNESA," tambahnya.

Menurutnya, UNESA harus terdepan dalam menginisiasi pengembangan dan kemajuan dunia olahraga Indonesia dengan memperkuat kolaborasi internasional, di antaranya dengan pihak Korea dalam pengembangan Lab Anti-Doping.

"Kerja sama membangun lab anti doping di Indonesia tentu di bawah pengawasan Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI). Kita sama-sama sinergi dengan pemerintah membangun atmosfir olahraga Indonesia yang lebih sportif, maju dan berprestasi," beber Cak Hasan.

Tindak lanjut dari pertemuan ini, pihak KADA berencana melakukan kunjungan ke UNESA dalam waktu dekat. Guna membicarakan lebih lanjut dan meneruskan pengalaman olahraga untuk pengembangan Lab Anti Doping di UNESA, Indonesia.

Selain ke lembaga anti-doping, pihak UNESA juga menandatangani memorandum of understanding (MoU) kerja sama dengan Busan University of Foreign Studies dan Tongmyong (TU) University, Busan.

Kunjungan ini melibatkan rektor, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd., Kepala Kantor Urusan Internasional Asrori, S.S., M.Pd., dan Ketua Pusat Studi ASEAN UNESA, Donny Ardy Kusuma, S.Pd., M.Kes.

Di KADA, rombongan UNESA disambut langsung Direktur Humas KADA Han Tong-jeong, Wakil Direktur Departemen Kerja Sama Internasional KADA Lee Sae-rom, dan Direktur Departemen Riset Sains KADA Lee Sang-min.

Selain itu, ada Divisi Pengujian Doping KADA Direktur Seo Min-jung, Direktur Departemen Kerja Sama Internasional KADA Kim Myung-su, Sekretaris Jenderal KADA Kim Geum-pyeong, dan Sekretaris Jenderal KADA Keum-pyeong Kim. (Hen/hjr)

#unesa