Jumat, 20 September 2024

UMKM Jatim Berlatih Membuat Produk Wedang Uwuh

Diunggah pada : 24 November 2023 14:40:23 62
UMKM Jatim Berlatih Membuat Produk Wedang Uwuh. Sumber Foto: Diskop UKM Jatim

Jatim Newsroom - Perkembangan teknologi yang memudahkan manusia untuk melakukan segala kegiatan sehari-hari menjadi salah satu pendorong bagi para pelaku wirausaha untuk menghasilkan produk-produk yang mereka hasilkan. 

Menangkap peluang tersebut, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur (Diskop UKM Jatim) akan terus mendorong pengembangan UMKM. Salah satunya dengan melaksanakan kegiatan sinergisitas melalui "Workshop Pelatihan Bimbingan Teknis Pengembangan Usaha Pembuatan Produk Wedang Uwuh" di Sidoarjo.

Mengutip laman Diskop UKM Jatim, Jumat (24/11/2023), Kepala Bidang Pemasaran Diskop UKM Jatim, Andrio Himawan menjelaskan peluang dari pelatihan ini. "Dari pelatihan wedang uwuh ini akan memberikan peluang kesempatan bagi wirausahawan muda untuk lebih jeli melihat permintaan pasar, dengan menyediakan olahan minuman kekinian yang bergizi, nikmat dan menarik dari sisi tampilan serta harga terjangkau," ungkap Andrio.

Dengan terus mendorong kesadaran masyarakat untuk mencintai dan bangga terhadap produk-produk UKM, katanya, maka wirausahawan baru akan terus muncul di Jawa Timur.

"Ayo bangun semangat berbisnis kita. Mari kembangkan kreativitas dan inovasi tanpa henti karena bisnis yang besar dimulai dari yang kecil, bisnis yang sukses dan kuat karena sebuah proses," pesan Andrio. 

Anggota Komisi D DPRD Provinsi Jawa Timur, Benjamin Kristianto juga menyampaikan prinsip hidup yang harus dimiliki oleh setiap orang terutama para peserta yang hadir dalam pelatihan.

“Bapak Ibu sekalian, pelatihan ini jangan disia-siakan, tanamkan prinsip hidup dalam diri kalian, gunakan pelatihan ini sebaik mungkin. Kedua jangan patah semangat harus ulet bekerja. Ketiga berbuat baiklah kepada sesama, itulah prinsip hidup,” tutur Benjamin.

Adapun Analis Bimbingan Usaha Diskop UKM Jatim, Anton Widodo menjelaskan tujuan dari kegiatan bimbingan teknis pelatihan wedang uwuh ini. Pertama, merangsang kreativitas dan partisipasi pelaku UMKM sebagai wirausahawan. Kedua, memberdayakan UMKM sebagai garda terdepan ekonomi Jawa Timur. Ketiga, meningkatkan kapasitas pengetahuan dan keterampilan para peserta khususnya dalam pembuatan produk wedang uwuh.

Ia menuturkan, wedang uwuh merupakan minuman yang sering ditemui dan sangat diperlukan pula bagi kesehatan. Minuman wedang uwuh terbuat dari bahan dasar rempah-rempah yang mengandung gizi cukup tinggi yang dibutuhkan bagi kesehatan. Riset menunjukkan bahwa mayoritas kalangan generasi Z dan milenial lebih menyukai makanan dan minuman di luar rumah secara online, take away ataupun dine-in, dibandingkan dengan mengolah makanan atau camilan sendiri di rumah. Pelatihan pembuatan produk wedang uwuh tersebut menghadirkan narasumber dari Pimpinan CV Mahardika Askara Raya Malang, yaitu Endang Tri Pudjiastutik. (idc/…)

#UMKM #Diskop UKM Jatim #wedang uwuh