Jumat, 20 September 2024

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Blitar Gelar Pelatihan Business Plan untuk UMKM Pariwisata

Diunggah pada : 16 September 2024 17:12:51 180

 Jatim Newsroom - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Blitar sukses menggelar Pelatihan Dasar dan Terapan Penyusunan Business di Museum Omah Bubu, Kota Blitar.

 

Mengutip laman Pemerintah Kota Blitar, Senin (16/9/2024), kegiatan ini bertujuan untuk membekali pelaku ekonomi kreatif dan pengelola Pokdarwis di Kota Blitar dengan keterampilan menyusun business plan yang solid.

 

Pelatihan ini menghadirkan narasumber kompeten dari berbagai latar belakang, seperti akademisi, praktisi perbankan, dan kurator program kebudayaan. Materi yang disampaikan mencakup teori dasar penyusunan business plan hingga praktik langsung melalui diskusi kelompok.

 

Kepala Bidang Parekraf Disbudpar Kota Blitar, Heri Setiyobudi menjelaskan bahwa pelatihan ini merupakan langkah strategis untuk mengembangkan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di Kota Blitar. Dengan memiliki business plan yang baik, para pelaku usaha diharapkan dapat mengakses pendanaan dan mengembangkan usahanya secara berkelanjutan.

 

 

"Dengan pengumpulan seluruh isian canvas bisnis model dan form kritik serta masukan untuk bahan penyusunan prosiding serta pelaporan dan bahan tindak lanjut," kata Heri.

 

Heri berharap pelatihan ini dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan UMKM pariwisata di Kota Blitar. Dengan semakin banyak pelaku usaha yang memiliki business plan yang baik, diharapkan dapat meningkatkan daya saing produk lokal dan menarik lebih banyak wisatawan. (Van/hjr)

#UMKM #Pariwisata #Kota Blitar #Disbudpar