Jumat, 20 September 2024

Tim BPBD Jatim Padamkan Api Karhutla di Penanjakan Gunung Bromo

Diunggah pada : 8 Agustus 2024 10:19:08 73
BPBD Jatim langsung gercep padamkan Api di penanjakan gunung bromo. (Dok. BPBD Jatim)

Jatim Newsroom - Pada hari Rabu (7/8/2024) sore hingga malam hari sekitar pukul 19.00 WIB, Tim BPBD Jatim ikut memadamkan kebakaran hutan yang terjadi di penanjakan Gunung Bromo. Tepatnya, di Desa Wonokitri Kec. Tosari, Kabupaten Pasuruan.

Upaya spontan itu terjadi saat Tim BPBD dalam perjalanan menuju penanjakan Gunung Bromo, usai memfasilitasi pembentukan Destana di Desa Kayukebek Kec. Tutur, Kab. Pasuruan.

Melihat adanya kepulan asap dan kobaran api yang semakin membesar, Tim BPBD Jatim pun menghentikan laju kendaraan. Lalu menghubungi Tim Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS),  aparat desa setempat dan TRC BPBD Kab. Pasuruan.

Sembari menunggu tim lain datang, dengan alat seadanya Tim BPBD Jatim langsung berjibaku berusaha memadamkan api yang mulai melahap ilalang, pohon edelweis dan pohon pinus.

Akhirnya, berkat respon cepat Tim gabungan BPBD Jatim, TNBTS, TRC BPBD Kab. Pasuruan, TNI Polri dan warga setempat, kebakaran hutan yang belum diketahui penyebabnya ini bisa dipadamkan.

"Habis kegiatan, sebetulnya kita mau jalan-jalan. Tapi, kita lihat ada kebakaran di arah penanjakan dan belum ada tindakan. Akhirnya, kontak sana sini, termasuk ke TNBTS, pihak desa dan BPBD Pasuruan, " ujar Analis Kebencanaan Bidang Pencegahan BPBD Jatim, Dadang Iqwandy dalam keterangan tertulisnya, Kamis (8/8/2024)

Namun, ia pun bersyukur, sekitar pukul 19.00 Wib malam, Karhutla di kawasan penanjakan ini bisa dipadamkan, dan dilanjut dengan pembasahan hingga sekitar pukul 20.30 WIB. (pca/s)

#BPBD Jatim