Jumat, 20 September 2024

Susun Rencana Kerja, DPMD Jatim Gelar Rapat Pokjanal Posyandu

Diunggah pada : 26 Juni 2024 22:27:13 67
Rapat Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Posyandu Provinsi Jawa Timur pada Senin, (24/6/2024). Foto: dok.JNR Bid. IKP Kominfo Jatim

Jatim Newsroom - Dinas PMD Provinsi Jawa Timur telah melaksanakan Rapat Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Posyandu Provinsi Jawa Timur pada Senin, (24/6/2024). Rapat ini dilaksanakan sebagai langkah koordinasi dan konsolidasi dalam menyusun rencana kegiatan Tim Pokjanal Posyandu Provinsi Jawa Timur.

Bidang Kemasyarakatan Desa, DPMD Jatim, Tri Yuwono, menjelaskan, tugas utama Pokjanal Posyandu adalah advokasi atau membuat rekomendasi kebijakan untuk kabupaten/kota. Hal ini sejalan dengan usulan USAID Momentum yang menyebutkan ada tiga point penting Pokjanal Posyandu, yaitu Penataan Kelembagaan yang terkait struktur pengurus dan legalitasnya (SK), Peningkatan Kualitas Pelayanan yang terkait rencana aksi (program kerja), dan Pembinaan yang terkait monitoring dan pelatihan.

Menurutnya, Kemenkes pun berkomitmen untuk mentransformasi sistem kesehatan Indonesia, salah satunya berfokus pada Integrasi Layanan Primer (ILP), yaitu pendekatan yang berorientasi pada kebutuhan layanan di setiap siklus kehidupan yang diberikan secara komprehensif dan terintegrasi antar tingkatan fasyankes.

Berdasarkan paparan Dinkes Prov.Jatim, pada Tahun 2024 terdapat 37 Kab/Kota yang telah mencapai Posyandu Aktif sedangkan 1 Kabupaten yang belum mencapai Posyandu Aktif yaitu Kabupaten Tuban. Salah satu kendalanya adalah jumlah kader di beberapa Posyandu yang kurang dari 5 orang.

Dinkes Prov. Jatim menyebutkan bahwa Penyiapan Posyandu COE (Center Of Excellent) di Jawa Timur saat ini telah sampai pada pembinaan kader dan Posyandu COE dengan jumlah kader yang sudah dilatih sebanyak 32.158 kader dari 250.842 kader.

Lebih lanjut dikatakan Tri Yuwono, adapun strategi pengembangan Pokjanal Posyandu di Jatim, yaitu sosialisasi dan Peningkatan Kapasitas SDM bagi Pokjanal Posyandu Prov. Jatim dan Kab/Kota, serta Pokja Posyandu Desa/Kelurahan

Selain itu, juga optimalisasi kegiatan rapat pokja dalam menentukan target tahunan, menyusun program/kegiatan, serta pelaporan dan evaluasi pelaksanaan program/kegiatan Pokjanal Posyandu Prov. Jatim.

Selanjutnya juga untuk menyusun pedoman pelaporan pelaksanaan program/kegiatan bagi Pokjanal Posyandu Prov. Jatim dan Kab/Kota, serta Pokja Posyandu Desa/Kelurahan. Dan termasuk penguatan koordinasi dan kolaborasi antar Pokjanal Posyandu dan Pokja Posyandu, serta mitra pembangunan daerah lainnya.

Oleh karena itu, kata Yuwono, masing-masing OPD diharapkan dapat menentukan agenda prioritas yang bisa terpenuhi dengan dukungan lintas sektor (Pokjanal Posyandu). Adapun usulan rencana aksi Pokjanal Posyandu Prov.Jatim yaitu mengangkat topik Peningkatan Pelayanan Kesehatan di Posyandu.(rizq/red)

#posyandu #pokjanal posyandu Jatim