Jumat, 20 September 2024

Penguatan Tim Pokjanal Posyandu Jadi Upaya Integrasi Layanan Kesehatan Primer Jatim

Diunggah pada : 16 Agustus 2023 14:16:13 235
Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, dr. Waritsah Sukarjiah. (foto : aldickJNR)

Jatim Newsroom - Dalam upaya meningkatkan efektivitas layanan kesehatan masyarakat, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur gelar acara "Penguatan Tim Pokjanal Posyandu dalam Integrasi Layanan Kesehatan Primer" di Ruang Teater Rabu (16/08/2023).

Acara yang diselenggarakan secara luring - daring ini dibuka oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, dr. Waritsah Sukarjiah, diikuti 40 peserta terdiri dari Lintas Program dan Lintas Sektor yang tergabung dalam Tim Pokjanal Posyandu Provinsi Jawa Timur. Kelompok Kerja Operasional Pembinaan Pos Pembinaan dan Pelayanan Terpadu (Pokjanal Posyandu) bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat secara terpadu. 

Dalam sambutannya, dr Waritsah Sukarjiah menjelaskan tentang rencana transformasi sistem Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer (ILP) yang melibatkan unit-unit layanan kesehatan dasar, termasuk posyandu, posko, puskesmas pembantu, dan laboratorium kabupaten/kota. Tim Pokjanal Provinsi Jawa Timur akan melaksanakan pembinaan rutin terhadap program-program yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan. Transformasi ini direncanakan akan diterapkan di seluruh kabupaten/kota di provinsi ini.

"Salah satu tujuan yang diharapkan dari transformasi ini adalah bahwa pada tahun 2024, seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur sudah terpapar dengan integrasi layanan primer. Menurut data, lebih dari 6000 posyandu memiliki kader yang kurang dari 5 orang. Oleh karena itu, diperlukan penguatan kapasitas tenaga kesehatan," ungkapnya.

Dalam transformasi ini, layanan kesehatan di tingkat dasar/primer akan diintegrasikan dengan memfokuskan pada siklus hidup sebagai platform untuk penguatan promosi dan pencegahan. Pelayanan akan didekatkan melalui jejaring hingga tingkat desa dan dusun, termasuk untuk meningkatkan promosi kesehatan dan pencegahan serta respon terhadap pandemi dengan menjangkau komunitas dan kunjungan rumah. Pemantauan Wilayah Setempat (PWS) juga akan diperkuat melalui pemantauan dengan menggunakan dashboard data kesehatan per desa.

Ditekankan acara bertujuan untuk mensosialisasikan rencana integrasi layanan primer kepada anggota Tim Pokjanal Posyandu. Tujuan-tujuan khusus termasuk terbentuknya rencana kegiatan dan laporan kegiatan, terkoordinasinya pembinaan yang terpadu dan berkelanjutan mengenai integrasi layanan primer di posyandu, serta terbentuknya Lembaga Kesejahteraan Desa (LKD) Posyandu di Jawa Timur.

Diharapkan acara ini juga akan memberikan kesepakatan dan rencana kegiatan yang jelas untuk pembinaan Pokjanal Posyandu di setiap kabupaten/kota sebagai bagian dari integrasi layanan kesehatan primer di Jawa Timur. (ch-bt/pno)

 

#pokjanal posyandu Jatim