Jumat, 20 September 2024

RSPAL dr Ramelan Fokus Kembangkan Kesehatan Ibu dan Anak

Diunggah pada : 27 Agustus 2022 15:08:48 439
Kepala RSPAL dr Ramelan Surabaya, Laksamana Pertama TNI, Gigih Imanta (tengah) saat memberikan keterangan pers Bakti Sosial (Baksos) Hari Ulang Tahun RSPAL dr Ramelan ke 72, dan Jalasenastri ke 76, Sabtu (27/8/2022)

Jatim Newsroom-Sebagai salah satu rumah sakit rujukan terbesar di Indonesia timur, Rumah Sakit Pusat Angkatan Laut (RSPAL) dr Ramelan Surabaya fokus mengembangkan beberapa program untuk mendukung kesehatan ibu dan anak.

Ditemui saat Bakti Sosial (Baksos) Hari Ulang Tahun RSPAL dr Ramelan ke 72, dan Jalasenastri ke 76, Sabtu (27/8/2022), Kepala RSPAL dr Ramelan Surabaya, Laksamana Pertama TNI, Gigih Imanta mengaku, sangat konsen kepada kesehatan ibu dan anak.

Salah satu yang menjadi perhatian adalah screening gangguan pendengaran yang saat ini masih dirasa awam bagi masyarakat. Pada umumnya, lanjut Karumkin, pemeriksaan pendengaran dilakukan pada usia anak-anak ketika sudah memperlihatkan gangguan pendengaran atau ketidak mampuan berbicara."Saat ini RSPAL dr Ramelan dapat melakukan dilakukan Screening pendengaran sejak dini kepada bayi mulai usia nol bulan," kata Karumkit.

Sementara tujuan bakti sosial ini menurut Karumkit untuk mendukung program pemerintah, TNI dan TNI AL serta merupakan wujud empati dan kepedulian RSPAL dr Ramelan Surabaya guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat umum."Lima kegiatan bakti kesehatan yaitu pelayanan KB, vaksin ketiga atau booster satu Covid-19, screening pendengaran pada bayi satu sampai empat bulan, edukasi onkologi serta edukasi kesehatan pada anak usia sekolah," ucapnya.

screening pendengaran telah dilaksanakan sejak tanggal 24 dan 25 Agustus 2022 yang dilaksanakan di TOA Jala Puspa, sedangkan edukasi kesehatan gigi dan mulut pada AUS (Anak Usia Sekolah) dimulai tanggal 26 Agustus 2022 di beberapa sekolah di Surabaya."Selain untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis, melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat mengupdate informasi tentang kesehatan," tuturnya.

Dalam bakti kesehatan melibatkan tenaga kesehatan 110 orang yang diantaranya merupakan anggota Jalasenastri. Target jumlah layanan yaitu screening pendengaran bayi 60 orang, edukasi Onkologi (Kanker Payudara) 80 orang, pelayanan KB 100 orang, vaksinasi dosis ketiga 50 orang dan edukasi kesehatan gigi dan mulut pada anak usia sekolah sebanyak 200 siswa. Total peserta baksos berjumlah 490 orang.

"Kegiatan lain yang telah dilaksanakan sebelumnya antara lain Gowes Tour de Java 829 km, rute Jakarta-Surabaya, enam hari berturut-turut dengan rata-rata menempuh jarak 100 km lebih. Kemudian ada juga lomba MTQ dan pemberian tali asih kepada keluarga korban dari anggota yang meninggal akibat Covid-19 dan tenggelamnya KRI Nanggala-402," ungkap Karumkit. (hjr)

#TNI AL #RSPAL dr Ramelan Surabaya