Jumat, 20 September 2024

Rancangan APBD Kabupaten Mojokerto Mengacu Tema RKPD 2024

Diunggah pada : 15 November 2023 15:38:57 55
Rapat Paripurna Penyampaian Nota Penjelasan Bupati atas Raperda tentang APBD Tahun Anggaran 2024 di Kabupaten Mojokerto. Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom - Penyusunan rancangan APBD tahun 2024 di Kabupaten Mojokerto mengacu pada tema RKPD Kabupaten Mojokerto tahun 2024. Tema tersebut adalah pemulihan dan pengembangan perekonomian daerah dengan pemerataan dan perluasan pembangunan infrastruktur dan peningkatan kualitas SDM serta transformasi ekonomi yang inklusif untuk terwujudnya Kabupaten Mojokerto yang maju, adil, dan makmur.

"Untuk itu dapat saya sampaikan, dalam rangka mewujudkan pemerataan pembangunan daerah, maka anggaran infrastruktur, sarana dan prasarana dasar masyarakat perlu mendapatkan perhatian yang besar. Sehingga pertumbuhan ekonomi dan pendapatan asli daerah secara simultan dapat meningkat," ujar Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati melalui rilis humas Pemerintah Kabupaten Mojokerto (15/11/2023). 

Bupati Ikfina menerangkan, dari sisi penerimaan diharapkan mampu melakukan identifikasi sumber-sumber pendapatan asli daerah yang potensial dan mengembangkan sumber-sumber pendapatan tersebut secara maksimal melalui optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi yang terintegrasi keuangan daerah. 

Selain itu, mengurangi tingkat ketergantungan terhadap Pemerintah Pusat yang pada akhirnya akan memperkuat kapasitas fiskal Kabupaten Mojokerto sebagaimana amanat Undang-undang nomor 1 tahun 2022 tentang hubungan keuangan antara pusat dan daerah.

"Di samping itu dari sisi belanja, kita harus meningkatkan kualitas belanja yang ditempuh melalui pengendalian belanja yang lebih efisien, lebih produktif dan menghasilkan multiplier effect yang kuat terhadap perekonomian serta efektif untuk mendukung program-program prioritas, utamanya untuk pengendalian laju inflasi daerah, penurunan angka stunting, peningkatan investasi dan penurunan angka kemiskinan. Sehingga mampu memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat Kabupaten Mojokerto," tuturnya.

Perlu diketahui, DPRD Kabupaten Mojokerto menggelar Rapat Paripurna Penyampaian Nota Penjelasan Bupati atas Raperda tentang APBD Tahun Anggaran 2024, di ruang Graha Whicesa, kantor DPRD Kabupaten Mojokerto, pada 14 November 2023. Rapat dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto Setia Pudji Lestari. (idc/s)

#Kabupaten Mojokerto #apbd #keuangan