Jumat, 20 September 2024

Raker di UNEJ, Rektor UNESA Dorong Pemanfaatan Potensi SDM PTN se-Jatim untuk Sumber Pendapatan Kampus

Diunggah pada : 2 Agustus 2024 17:01:56 26
Raker di UNEJ, Rektor UNESA Dorong Pemanfaatan Potensi SDM PTN Se-Jatim untuk Sumber Pendapatan Kampus

Jatim Newsroom- Rektor Universitas Negeri Surabaya (UNESA) Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., bersama dua belas pimpinan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Jawa Timur hadiri Raker Paguyuban Rektor, beberapa waktu yang lalu di Kampus Tegalboto Universitas Jember (UNEJ).

 

Pria yang akrab disapa Cak Hasan itu Jumat (2/8/2024) menegaskan bahwa, PTN harus memiliki kemampuan untuk mendapatkan sumber pendanaan lain berdasarkan potensi masing-masing. Hal tersebut penting dilakukan agar kampus tidak bergantung semata pada UKT dari mahasiswa.

 

Selain itu, tambahnya, peningkatan pendapatan perguruan tinggi juga bisa dilakukan dengan cara menjalin kolaborasi dan sinergitas antar PTN di Jatim. Maka dari itu dalam pertemuan ini disediakan sesi diskusi khusus mengenai pengalaman 3 kampus  yang sudah berstatus PTN-BH dalam meningkatkan pendapatan di luar UKT.

 

“Jawa Timur jadi barometer pendidikan tinggi di Indonesia, ini terbukti dengan banyaknya pencapaian dan prestasi yang sudah diraih oleh masing-masing PTN. Maka hasil diskusi hari ini akan kita bawa dan kawal ke Kementerian agar dapat jadi masukan bagi pengembangan kebijakan PTN di Indonesia,” tegas Cak Hasan yang juga merupakan Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI).

 

Sebagai tuan rumah, Rektor Universitas Jember Dr. Ir. Iwan Taruna, M.Eng, IPM., dalam kegiatan itu menyampaikan pentingnya kegiatan yang dilakukan oleh Paguyuban Rektor demi mewujudkan iklim akademik di lingkungan PTN yang lebih baik. Menurutnya raker ini sangat strategis dan menjadi ajang bertukar pikiran sekaligus berbagi informasi antar PTN mengenai isu krusial kekinian, seperti halnya soal UKT. Sebagai informasi, PTN yang hadir dalam kegiatan ini adalah Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), UPN Veteran Jawa Timur, UIN Sunan Ampel (UINSA), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Negeri Malang (UM), UIN Maulana Malik Ibrahim, Universitas Trunojoyo Madura, UIN KHAS Jember, UIN SATU Tulungagung dan tuan rumah Universitas Jember. (her/hjr)

 

#unesa