Jumat, 20 September 2024

Puncak Peringatan BBGRM XXI Jadi Ajang Pameran Produk UMKM 38 Kabupaten dan Kota di Jatim

Diunggah pada : 11 Juni 2024 22:13:34 61
Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono, sat meninjau Pameran bertajuk Bazar Blitar Djadoel saat peringatan Puncak Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XXI sekaligus Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG-PKK) ke-52 Provinsi Jawa Timur di Alun-Alun Kota Blitar, Selasa (11/6/2024). Foto: Rafli JNR

Jatim Newsroom - Peringatan Puncak Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XXI sekaligus Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG-PKK) ke-52 Provinsi Jawa Timur di Alun-Alun Kota Blitar, Selasa (11/6/2024) menjadi ajang pameran produk UMKM dari 38 kota dan kabupaten di Jatim. Acara itu dikemas bersamaan dengan Bazar Blitar Djadoel yang merupakan rangkaian acara peringatan Bulan Bung Karno di Kota Blitar mulai 7 Mei 2024 sampai 11 Mei 2024.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Blitar, Hakim Sisworo, menyampaikan, jumlah stand dome jadul sisi barat Aloon-Aloon ada 150 stand. Jumlah stand dome BBGRM sisi timur Aloon-Aloon 48 stand, jumlah stand wisata kuliner jadul 22 stand, UMKM dan PKL yang terlibat, PKL selatan tiang bendera ada 34, PKL selatan roder ada 45.

Produk-produk UMKM dari 38 kabupaten kota se- Jawa Timur yang ikut berpartisipasi dalam Bazar tersebut diharapkan semakin berkembang dan lebih sukses.

Sementara itu, Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono, saat doorstop usai menutup gelaran BBGRM, mengatakan, selama ini sektor UMKM menjadi tulang punggung perekonomian di Jatim dan terus berupaya agar produk UMKM di Jatim lebih naik kelas dan menembus ekspor.

"Jatim itu backbone-nya dari UMKM, hampir separuhnya. Itulah kenapa ketika Covid-19, Jatim tidak begitu collapse karena (ekonomi) memang bersumber pada pemberdayaan UMKM," kata Adhy.

Adhy mengatakan selama ini sektor ekonomi di Jatim ditopang oleh masyarakat kecil yang erat dengan UMKM. Oleh karena itu, Pemprov Jatim terus berupaya membawa produk UMKM supaya lebih naik kelas dan menembus ekspor.

"Dengan begitu, produk UMKM akan membawa banyak turunan dampak ekonomi seperti tenaga kerja, kesejahteraan, dan kemampuan membranding produk tradisional ke dunia internasional," ujarnya.

Pada kesempatan ini, Pj Gubernur Adhy juga menyampaikan terimakasih Pemkot Blitar karena semua rangkaian kegiatan berjalan baik, meriah dan sukses. "Terima kasih kepada Pemkot Blitar  yang telah menjadi tuan rumah kegiatan BBGRM Jatim," tuturnya.(red)

#BBGRM

Berita Terkait

Puncak Peringatan BBGRM XXI dan HKG PKK Ke-52
Pj Gubernur Jatim Tekankan Pentingnya Bu...
11 Juni 2024
thumb
Tutup Puncak Peringatan BBGRM XXI-HKG PKK ke-52
Pj Gubernur Adhy Ajak Integrasikan ‘IKI’...
11 Juni 2024
thumb