Kamis, 19 September 2024

Tingkatkan Perdagangan Antar Daerah.

Provinsi Jatim Kembali Gelar Misi Dagang Bersama Sumatera Utara

Diunggah pada : 11 September 2024 21:07:55 97
Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Jatim Benny Sampirwanto mewakili Pj. Gubernur, Adhy Karyono membuka misi dagang Jatim dan Sumatera Utara. (Ghuf)

Jatim Newsroom – Pemerintah Provinsi Jawa Timur kembali menggelar misi dagang bersama pemerintah Provinsi Sumatera Utara di Grand Mercure di Medan, Rabu (11/9/2024). Dimana misi dagang kali ini dibuka oleh Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Jatim, Benny Sampirwanto yang mewakili Pj. Gubernur Adhy Karyono.

Drs Benny Sampirwanto menyampaikan, Misi Dagang ini merupakan upaya fasilitasi Pemerintah Provinsi Jawa  Timur untuk mempertemukan para pelaku usaha dari Jawa Timur dan Provinsi Mitra dalam menyebarluaskan potensi produk industri, perdagangan, perikanan, agribisnis dan peluang investasi lainnya secara terintegrasi dalam rangka memenuhi substitusi impor (bahan baku) dan kebutuhan lainnya yang diharapkan mampu meningkatkan nilai perdagangan dalam negeri.

“Pemerintah Provinsi Jatim mengapresiasi kegiatan misi dagang dengan Sumatera utara. Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan misi dagang ini,”katanya.

Diharapkan misi dagang ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya, sehingga dapat menciptakan  sinergitas khususnya dalam hubungan kerjasama di sektor industri dan perdagangan serta mewujudkan kedaulatan  pasar dalam negeri dengan melestarikan, mencintai, bangga. Dan mau membeli serta memakai produk buatan negeri sendiri, sehingga dapat memicu peningkatan transaksi perdagangan dalam negeri.

Provinsi Jawa Timur dan Provinsi Sumatera Utara memiliki kekayaan alam dan budaya yang luar biasa. “Melalui kerja sama ini, kita dapat saling memperkaya dan memperkuat potensi yang dimiliki oleh kedua provinsi untuk kemajuan bersama. Misi Dagang ini bukan hanya sekadar pertukaran barang dan jasa, tetapi juga merupakan wujud komitmen kita untuk saling mendukung dan memperkuat perekonomian daerah kita,”pungkasnya.

Mewakili Pj. Gubernur Sumatera Utara, Basarin Yunus Tanjung, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat,menyampaikan pentingnya sinergi antara kedua provinsi dalam memperkuat hubungan perdagangan dan investasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan ini diharapkan mampu memperluas jaringan pasar bagi produk-produk unggulan dari kedua provinsi serta mendorong peningkatan investasi di berbagai sektor

Sementara itu Kadisperindag Jatim, Iwan. S.Hut mengatakan kegiatan Misi Dagang Jatim Sumut ini merupakan kali ke-36 dari mulai tahun 2019-2024 dan Misi Dagang kedua di tahun 2024. Ada 57 pengusaha dan pelaku UMKM dari Jatim dan 100 pengusaha dari Sumatra Utara.

Selain itu juga ia menyampaikan, tahun 2022-2023 Jawa Timur juga melakukan misi dagang dengan beberapa negara mitra strategis, seperti Arab Saudi, Malaysia, Timor Leste, dan Hongkong. Pada tahun 2024 akan dilaksanakan kegiatan Misi Dagang di Osaka, Jepang.

Melalui kegiatan ini, diharapkan hubungan kerjasama antara Provinsi Jawa Timur dan Provinsi Sumatera Utara dapat terus berkembang, memberikan manfaat ekonomi yang signifikan, serta memperkuat sinergi antar daerah. Gelar Misi Dagang antara Provinsi Jawa Timur dengan Provinsi Sumatera Utara ditutup dengan nilai komitmen transaksi mencapai Rp. 453 Miliar rupiah.

Beberapa komoditi yang memiliki komitmen transaksi tertinggi yang diperdagangkan pada kegiatan Misi Dagang antara Jawa Timur dengan Sumatera Utara antara lain Kepiting Rajungan, Tuna Loin, Gula Aren, Arang Batok Kelapa, Kemiri, Rokok, Pakan Ikan dan Udang, alat Pemadam Kebakaran Benih Tanaman Pangan Holtikultura, dan Kayu Manis.

Pada kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang  ditindaklanjuti dengan perjanjian kerja sama oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pada kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang ditindaklanjuti dengan perjanjian kerja sama oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dan Asosiasi dari kedua provinsi. Selanjutnya juga dilakukan penandatanganan komitmen transaksi antara pelaku usaha Jawa Timur dengan pelaku usaha Sumatera Utara.  (Pca/hjr)

#Misi Dagang Jatim #Pemprov Jawa Timur #Disperindag Jatim

Berita Terkait

Festival Ekspor Jawa Timur 2024
Pj. Gubernur Adhy : Jatim Urutan Ketiga...
7 Agustus 2024
thumb
Festival Ekspor Jawa Timur 2024
Pj. Gubernur Jatim Lepas Lima Truk Produ...
7 Agustus 2024
thumb