Kamis, 19 September 2024

Progres Perbaikan Wilayah Terdampak Banjir Bandang di Kabupaten Pasuruan Terus Dilakukan

Diunggah pada : 10 Juli 2024 20:32:19 85
Kalaksa BPBD Jatim, Gatot Soebroto bersama PU Bina Marga Jatim, Edi Tambeng meninjau di lokasi perbaikan jembatan di Pasuruan. (Pca)

Jatim Newsroom - Masih ingat banjir bandang dengan longsoran batu-batu besar yang mengakibatkan jalur Desa Lumbang di Kabupaten Pasuruan terputus, awal tahun lalu? Saat ini, kondisi kawasan yang dulu dipenuhi lumpur dan bebatuan besar itu kini telah bersih dan diperbaiki.

Masyarakat sekitar bahkan sudah bisa memanfaatkan akses dari Desa Lumbang menuju Desa Pancur melalui jembatan baru yang telah dibangun dengan panjang 36 meter dan lebar 3,6 meter.

Namun, untuk memastikan kondisi konstruksi yang telah dibangun,  Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto bersama Kadis PU Bina Marga Jatim Edy Tambeng Widjaja melakukan peninjauan di lokasi perbaikan, Rabu (10/7/2024). Turut mendampingi, Kabid Pembangunan PU Bina Marga Agus Sutanto, Kabid Pemeliharaan Jalan Hadi Pramoedjo dan Tim BPBD Jatim.

Kalaksa Gatot Soebroto dalam keterangan tertulisnya, Rabu (10/7/2024) mengungkapkan, pasca banjir bandang yang membawa lumpur dan bebatuan besar, 27 Januari silam, Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono langsung meminta instansi terkait untuk melakukan perbaikan.

Namun, karena infrastruktur terdampak bencana berupa, jembatan dan tebing pinggiran sungai, maka yang terlibat dalam perbaikan adalah Dinas PU Bina Marga dan Dinas PU SDA.

"Untuk pembangunan jembatan dan bronjong di sekitar jembatan menjadi kewenangan Dinas PU Bina Marga. Sedang pembangunan bronjong sungai di sisi atas dan bawah jembatan kewenangannya PU SDA," terangnya.

Saat ini, kondisi pembangunan secara keseluruhan telah rampung tinggal proses finishing di beberapa titik.  Termasuk pembangunan talud sungai dengan ketinggian 5 meter dan pondasi 2 meter. "Kami berharap, kegiatan perbaikan ini bisa segera rampung dan diresmikan Bapak Pj Gubernur, agar masyarakat bisa kembali memanfaatkan akses ini," harapnya.  (Pca/hjr)

#dinaspubinamarga #BPBD Jatim