Jumat, 20 September 2024

Program Gelari Pelangi Kabupaten Mojokerto Tekankan Lima Poin

Diunggah pada : 24 Oktober 2023 10:17:59 2571
Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Program Gerakan Keluarga Indonesia dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Pengelolaan Ekonomi (Gelari Pelangi) di Kabupaten Mojokerto menekankan lima poin. 

Pertama, gerakan wajib membaca. Kedua, materi keluarga berkualitas menjadi alternatif tambahan ekstrakurikuler anak usia sekolah. Ketiga, penguatan ekonomi keluarga potensi melalui pemanfaatan sumber daya yang dimiliki. Keempat, pengembangan usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K). Kelima, mendorong pembentukan atau pengembangan tokoh PKK.

Mengutip rilis resmi Humas Pemerintah Kabupaten Mojokerto (24/10/2023), Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati mengimbau Pokja II PKK untuk mengoptimalkan program Gelari Pelangi. Program ini merupakan salah satu program unggulan dari TP PKK sebagaimana yang tertuang dalam Rencana Induk Gerakan PKK tahun 2021-2024. 

"Jadi itu tadi ya, mulai dari gemar membaca kemudian terkait dengan pengelolaan ekonomi keluarga, termasuk terakhir tadi terkait dengan UP2K PKK. Nah ini benar-benar lima poin apa yang harus dilakukan dalam Gelari Pelangi yang merupakan penjabaran dari dua program tadi benar-benar bagaimana Pokja II ini paham dan melaksanakan di lapangan," jelasnya.

Dalam kesempatan menjadi narasumber pembinaan kader PKK di program kerja Pokja II yang mengelola bidang pendidikan dan keterampilan serta pengembangan kehidupan berkoperasi ini, Bupati Ikfina berharap kegiatan ini dapat bermanfaat untuk kader PKK. 

Selain itu, ke depannya kader PKK dapat melaksanakan tugas dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan keterampilan serta pengembangan kehidupan berkoperasi di Kabupaten Mojokerto.

"Mudah-mudahan Anda yang hadir di sini, tidak hanya untuk menerima informasi saja, tetapi ketika Anda pulang sudah ada settingannya. Sehingga betul-betul nanti waktu yang Anda miliki dengan kesehatan yang Allah berikan kepada Anda, betul-betul ada manfaatnya, tidak hanya bermanfaat untuk Anda sendiri, tetapi untuk orang-orang di sekitar Anda semuanya," harap Bupati Ikfina. (idc/s)

#pendidikan #Kabupaten Mojokerto #ekonomi