Jumat, 20 September 2024

Peserta Pelatihan Penyusunan Penganggaran Responsif Gender Studi Lapangan ke Jateng

Diunggah pada : 19 Juli 2022 9:29:28 102

Jatim Newsroom - Peserta Pelatihan Penyusunan Penganggaran Responsif Gender melakukan studi lapangan ke Provinsi Jawa Tengah pada 18-20 Juli 2022. Dipilih Jawa Tengah karena sama-sama telah mendapatkan penghargaan Mentor dalam evaluasi Pengarusutamaan Gender (PUG) 2020.  

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan (DP3AK) Jawa Timur, Restu Novi Widiani, Selasa (19/7/2022), peserta mengikuti kegiatan pelatihan secara offline di Kampus BPSDM pada 11-16 Juli 2022, kemudian dilanjutkan studi banding ke Provinsi Jawa Tengah  18-20 Juli 2022.

Menurut Restu Novi, kegiatan studi lapangan diperlukan karena kapasitas SDM Tim Penggerak PUG Provinsi harus ditingkatkan agar pelaksanaan strategi pembangunan kesetaraan gender bisa dilakukan secara optimal. Dengan demikian seluruh lapisan masyarakat utamanya masyarakat rentan diharapkan mendapat manfaat pembangunan.

Pelatihan Penyusunan Penganggaran Responsif Gender ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kapasitas SDM ASN tentang penyusunan penganggaran yang reponsif gender. Diklat ini sangat dibutuhkan karena banyak sekali SDM dari Tim Penggerak PUG belum semua memahami tentang Pembangunan Responsif Gender yang dilakukan melalui strategi PUG. 

"Tim Penggerak dalam Strategi Nasional (Stranas) Percepatan PUG diamanahkan untuk mendorong perencanaan dan penganggaran, mendampingi, melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap PUG melalui PPRG," katanya. 

Pelatihan Penyusunan Penganggaran Responsif Gender ini diikuti 30 peserta yang terdiri dari ASN dilingkungan Tim Penggerak PUG Provinsi Jawa Timur yaitu dari Bappeda, Inspektorat , BPKAD, DP3AK, DPMD, Biro Kesos dan Biro Organisasi; 

"Peserta yang paling banyak dari Inspektorat karena diharapkan tupoksi pengawasan PPRG melekat pada Inspektorat agar dapat dilaksanakan semakin tepat," ujarnya.(her/s)

#DP3AK