Jumat, 20 September 2024

DP3AK Jatim Gelar Penguatan Jejaring Antar Lembaga Penyedian Layanan Peningkatan

Diunggah pada : 27 Agustus 2024 13:56:28 43
Kadis DP3AK Jatim Tri Wahyu Liswati foto bersama narasumber dan peserta

Jatim Newsroom- Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Kependudukan (DP3AK) Provinsi Jawa Timur penguatan jejaring antar lembaga penyedia layanan peningkatan kualitas keluarga dengan tema “peningkatan kualitas keluarga melalui perlindungan dan pemberdayaan perempuan”

Kadis DP3AK Jatim Tri Wahyu Liswati Selasa (27/8/2024) mengatakan peningkatan kualitas keluarga merupakan salah satu tujuan utama dalam pembangunan sosial yang berkelanjutan. dalam hal ini, perlindungan dan pemberdayaan ekonomi dan pemberdayaan terhadap perempuan menjadi faktor penting yang tidak dapat diabaikan.

Karena perempuan memiliki peran yang sangat vital dalam keluarga, baik sebagai ibu, istri, maupun anggota masyarakat yang produktif. namun masih saja banyak tantangan yang dihadapi perempuan, termasuk kekerasan, deskriminasi, dan keterbatasan akses terhadap sumber daya ekonomi. kekerasan terhadap perempuan, baik dalam bentuk fisik, emosional, maupun ekonomi, merupakan masalah yang banyak terjadi diberbagai belahan dunia, tidak lepas juga di jawa timur.

Kadis DP3AK Jatim Tri Wahyu Liswati

Lebih lanjut Tri Wahyu Liswati menjelaskan Kekerasan ini tidak hanya berdampak langsung pada perempuan itu sendiri, tetapi juga memiliki implikasi yang lebih luas terhadap kesejahteraan keluarga secara keseluruhan. ketika perempuan merasa aman dan terlindungi, mereka dapat berkontribusi lebih optimal dalam mendidik anak dan mengelola rumah tangganya, yang pada gilirannya meningkatkan kualitas hidup seluruh anggota keluarganya,

Selain perlindungan dari kekerasan, pemberdayaan ekonomi perempuan juga memainkan peran kunci dalam peningkatan kualitas keluarga. pemberdayaan ekonomi mencakup akses terhadap pendidikan, pelatihan keterampilan, serta peluang kerja atau usaha yang setara. dengan memiliki kemandirian ekonomi, perempuan tidak hanya dapat membantu memenuhi kebutuhan finansial keluarga, tetapi juga dalam pengembilan keputusan keluarga.

Pemberdayaan ekonomi perempuan juga terbukti mampu mengurangi tingkat kemiskinan ditingkat keluarga dan masyarakat. ketika perempuan memiliki penghasilan sendiri, mereka lebih mungkin untuk menginvestasikan pendapatan mereka dalam pendidikan anak-anak, kesehatan, dan kebutuhan dasar lainnya, yang kesemuanya berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup keluarga secara keseluruhan. hal ini juga menciptakan efek domino positif yang dapat dirasakan oleh generasi berikutnya.(her/hjr)

#DP3AK