Jumat, 20 September 2024

Hadirkan Program Kemanusiaan dan Kebencanaan

Pemprov Jatim Siap Berkolaborasi dengan BNPB

Diunggah pada : 19 Juli 2024 13:02:52 57
BNPB Dr Rustian, sejumlah Deputi di lingkungan BNPB, Ka Kwarda Jatim Arum Sabil, Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto, dan Kalaksa BPBD Kabupaten Jember Widodo Yulianto, bertemu di BNPB Jakarta. (Dok.BPBD Jatim)

Jatim Newsroom - Pemprov Jatim, melalui BPBD Jatim bersama Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Jawa Timur bakal berkolaborasi dengan BNPB untuk menggelar program kemanusiaan dan kebencanaan.

Kegiatan berskala nasional yang dirancang secara terpadu dan berkelanjutan ini dibahas dalam Rapat Koordinasi di Kantor BNPB, Jakarta, Kamis (18/7/2024).

Rapat yang dipimpin Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto ini diikuti Sestama BNPB Dr Rustian, sejumlah Deputi di lingkungan BNPB,  Ka Kwarda Jatim Arum Sabil, Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto, dan Kalaksa BPBD Kabupaten Jember Widodo Yulianto.

Turut mendampingi, Sekretaris Kwarda Jatim Bambang Suyanto, Kabid KL BPBD Jatim Satriyo Nurseno, Kabid KL BPBD Jember Penta dan sejumlah pengurus Kwarda Jatim.  Dari rakor ini, rencananya akan dilangsungkan event akbar bertema kemanusiaan dan kebencanaan yang bertempat di Dyandra Convention Center, Surabaya, pada Selasa 30 Juli 2024.

Sedianya, kegiatan ini akan menghadirkan para tokoh nasional dan 1000 kader Pramuka dari unsur Dewan Kerja Pramuka, pelatih, Brigade Penolong, Pramuka Peduli dan unsur relawan kebencanaan.

Ka Kwarda Jatim H.M. Arum Sabil mengungkapkan, kolaborasi yang akan dilakukan ini akan memperkuat peran Pramuka dalam membantu masyarakat yang membutuhkan, terutama dalam bidang kemanusiaan dan kebencanaan.

"Pramuka selama ini telah berupaya hadir dalam setiap bencana untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Ini akan memperkuat kolaborasi yang sudah dilaksanakan Pramuka selama ini," ujarnya dikonfirmasi, Jumat (19/7/2024).

Kepala BNPB, Letjend TNI  Suharyanto pun menyambut baik inisiatif dari Kwarda Jatim dan Pemprov Jatim dalam menjalin kerja sama dalam Program Kemanusiaan dan Kebencanaan ini.

Ke depan, ia juga berharap agar Pramuka bisa berkolaborasi dalam berbagai kegiatan pencegahan dan kesiapsiagaan bencana, seperti, dalam pelaksanaan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) di sekolah-sekolah. "Bahwa kesiapsiagaan untuk menghadapi bencana harus dimiliki oleh seluruh lapisan masyarakat, termasuk anggota Pramuka," pungkasnya. (Pca/hjr)

#Kwarda Pramuka Jatim #BPBD Jatim