Jumat, 20 September 2024

Pemkot Blitar Benahi Saluran Air Jalan Brantas

Diunggah pada : 18 Mei 2022 15:28:02 167
Kawasan Jln Brantas Kota Blitar

Jatim Newsroom-Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Blitar melakukan perbaikan saluran air di beberapa titik, salah satunya di Jalan Kali Brantas, mulai Selasa (17/05/2022).

Kabid Bina Marga dan SDA, Dinas PUPR Kota Blitar, Joko Pratomo mengatakan perbaikan ini dilakukan karena di lokasi tersebut sering terjadi luapan air saat musim penghujan tiba. Selain debit air tinggi, luapan sering terjadi karena kondisi saluran kurang lebar. Oleh karena itu, dalam perbaikan ini saluran air akan dibuat lebih besar, dengan tinggi 1 cm dan lebar 90 cm.

"Yang dulu itu ukurannya cuma 70 cm x 60 cm, kemudian sampah yang menumpuk. Makanya saat hujan selalu meluber. Nanti kita akan berkoordinasi dengan Kecamatan, untuk menghimbau masyarakat tidak buang sampah sembarangan," jelasnya saat dikonfirmasi melalui telepon Rabu (18/5/2022).

Ia menjelaskan, perbaikan ini, awalnya direncanakan sebelum Lebaran. Namun karena khawatir mengganggu akses jalan, maka pengerjaannya dilakukan pasca Lebaran. Menurutnya sesuai kontrak, perbaikan saluran air di Jalan Kali Brantas akan memakan waktu selama 3 bulan dengan anggaran Rp. 200 juta.

"Sesuai kontrak 3 bulan. Tapi kalau cuaca mendukung, pengerjaannya bisa lebih cepat," imbuhnya.

Selain Jalan Kali Brantas, perbaikan saluran air juga dilakukan di sejumlah titik Kota Blitar seperti Jalan Mawar, Kali Tempur Kelurahan Tanjungsari, dan lainnya. (pno/hjr)

#Kota Blitar