Jumat, 20 September 2024

Pemkab Ponorogo Kembali Akan Gelar Grebek Suro

Diunggah pada : 15 Juni 2024 19:25:10 99
Foto : Kominfo Ponorogo

Jatim Newsroom – Pemerintah Kabupaten Ponorogo kembali akan menggelar parade budaya Grebek Suro. Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Ponorogo, Judha Slamet Sarwo Edi, menyampaikan, Grebeg Suro dijadwalkan akan berlangsung mulai 18 Juni hingga 28 Juli 2024 dengan 33 rangkaian acara. 

Melalui rilisnya, Sabtu (15/6/2024), disebutkan bahwa Festival Nasional Reog Ponorogo (FNRP) tetap menjadi mascot gelaran Grebeg Suro 2024. Festival seni dengan durasi terpanjang itu memiliki sederet nilai lebih hingga menempati kasta atas Kharisma Event Nusantara (KEN). FNRP yang diawali dengan Festival Reog Remaja (FRR) juga selalu menandai pembukaan Grebeg Suro di Alun-Alun Ponorogo. 

"Grebeg Suro sebagai sebuah rangkaian kegiatan sudah menjadi event nasional dan yang punya gawe adalah Pemkab Ponorogo," terang Judha. 

Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko menerbitkan Surat Keputusan Nomor:100.3.3.2/ARH/387/405.08/2024 tentang Pembentukan Panitia pelaksana Penyelenggara Perayaan Grebeg Suro, Festival Reog Remaja XX dan FNRP XXIX Tahun 2024 itu. 

Foto : Kominfo Ponorogo

Masih kata Judha, persiapan pelaksanaan Grebeg Suro sudah mencapai 80 persen. Sebagai leading sector, pihaknya meminta panitia terus berkoordinasi, menyiapkan perizinan, dan mematangkan konsep. "Terus berinovasi menggabungkan unsur kuno dan kekinian agar Grebeg Suro lebih spektakuler," terangnya. 

Sementara itu, Ikrar Ariyandara, Creative Director Local Hero Motivation (Locomotive)  telah mempresentasikan persiapan Grebeg Suro 2024. Kolaborasi dengan Pemkab Ponorogo ini bakal menata Panggung Utama Alun-Alun sedemikian rupa untuk mengakomodir antusias penonton. "Panggung utama juga lokasi digelarnya FNRP, sedapat mungkin nyaman untuk semua aktivitas," ungkapnya. (yan/s)

 

#ponorogo