Jumat, 20 September 2024

Pemkab Mojokerto Dekatkan Diri dengan Warga Melalui Program Bulik Soima

Diunggah pada : 15 Juni 2023 11:13:00 22
Sumber foto : Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Sebagai wujud upaya mendekatkan diri antara pemerintah dan masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto melalui Dinas Sosial (Dinsos) menggelar Program Tilik Deso Mirsani Masyarakat (Bulik Soima) di rumah keluarga Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial (Kemensos) di Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Rabu (14/6).

Kegiatan Bulik Soima ini dikemas dalam Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Mojokerto. Selain untuk mendekatkan diri kepada warga atau masyarakat, program Bulik Soima  ini juga menjadi ajang untuk menjaring aspirasi dan mendengar keluhan masyarakatnya secara langsung.

Dalam kesempatan ini, pemerintah memfasilitasi penerima manfaat Program PKH dari Kemensos guna meningkatkan kemampuannya dalam mengelola keluarga dengan bekal pelatihan pengelolaan keuangan keluarga dan perencanaan usaha.

Adapun peserta yang mengikuti pembekalan terkait ekonomi ini ialah puluhan keluarga dari desa setempat. Selain itu, kegiatan P2K2 ini juga dihadiri langsung oleh Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, dengan didampingi Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mojokerto, Try Raharjo. 

Melalui pers rilis Diskominfo Kabupaten Mojokerto, Bupati Ikfina mengatakan, P2K2 ini membahas soal tata cara mengelola keuangan keluarga di rumah keluarga PKH. Dan materi yang dipaparkan pun adalah tentang bagaimana mengelola keuangan keluarga, dengan memahami jumlah pendapatan maupun pengeluaran, serta mengenalkan kebutuhan dan keinginan dalam pengelolaan keuangan keluarga.

Pada pelatihan ini, keluarga penerima manfaat juga diajak mempraktikkan diri mereka dalam mengatur keuangan sistem amplop dan pembukuan keuangan. Dengan pelatihan itu, Bupati Ikfina meminta para keluarga mempraktekkannya di dalam rumah tangga mereka masing-masing.

"Semoga pertemuan P2K2 ini bermanfaat. Dan KPM PKH bisa mengelola keuangan keluarga lebih rapi, teratur dan baik," harap Bupati Ikfina.

Sementara itu, diketahui sebelum menghadiri kegiatan Bulik Soima, Bupati Ikfina juga berkesempatan menyerahkan bantuan sosial kepada Yayasan Miftachul Hidayat di Dusun Wonosari, Desa Kejagan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. 

Bantuan tersebut, diberikan untuk meringankan beban korban akibat terdampak bencana angin kencang, yang terjadi Maret 2023 lalu. Adapun bantuan yang diserahkan adalah berupa bahan material, seperti asbes gelombang ukuran kecil sebanyak 100 lembar, Kayu keriting 6/12 x 4 meter sebanyak 42 batang, dan kayu 4/6 x 4 sebanyak 28 batang. (vin/s)

#Bupati Mojokerto #Kabupaten Mojokerto #Pemkab Mojokerto