Jumat, 20 September 2024

Pemkab Mojokerto Berikan Edukasi Kewirausahaan

Diunggah pada : 21 Juni 2024 10:39:24 22
Edukasi Kewirausahaan dalam Kegiatan Ekspo SMK Nasional Dawarblandong. Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Pemerintah Kabupaten Mojokerto memberikan edukasi kewirausahaan. Salah satunya, Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati memberikan Edukasi Kewirausahaan dalam Kegiatan Ekspo SMK Nasional Dawarblandong. Ia menyampaikan tips dalam memulai kegiatan berwirausaha.

Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Mojokerto (21/6/2024), Bupati Ikfına menyampaikan, dalam memulai sebuah usaha maka hal penting yang harus diperhatikan adalah keterampilan dan potensi apa yang dimiliki oleh sang wirausahawan.

"Jadi kalau mau memulai usaha itu dilihat punya keterampilan apa, punya potensi apa. Apa yang bisa dilakukan dan hasilnya bagus dan juga harga bersaing," ucap Bupati Ikfına.

Selain itu, la mengungkapkan tujuan utama dari kegiatan berwirausaha adalah untuk menghasilkan laba yang nantinya dapat dipergunakan kembali untuk kebutuhan sehari-hari.

"Kita memproduksi barang dijual tujuannya biar dagangan kita bisa terjual, dan yang penting adalah supaya mendapatkan laba, karena yang nantinya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari ini ya keuntungan itu tadi," ungkapnya.

Bupati Ikfına juga menilai dalam berwirausaha kita harus bisa mengetahui pesaing kita yang mana hal tersebut bisa menjadi salah satu tantangan dalam berwirausaha.

"Tantangan berwirausaha ini juga bisa dari pedagang yang lain, dilihat harganya yang samping berapa, kalau yang pesaing lebih murah dari pada yang kita jual pasti yang beli juga lebih pilih yang murah," ucapnya.

la juga menambahkan yang utama selain dari segi harga, kualitas barang yang dijual juga mempengaruhi konsumen dalam menentukan proses pembelian barang tersebut.

"Jadi apapun yang dijual ini harus bisa bersaing, rasanya oke dan harganya juga murah, itu yang disukai oleh orang-orang," pungkasnya. (idc/hjr)

#Kabupaten Mojokerto #kewirausahaan