Jumat, 20 September 2024

Notaris dan PPAT Masuk Desa, Pemkab Mojokerto Tegaskan Tiap Tanah Harus Bersertifikat

Diunggah pada : 16 Juli 2024 16:54:57 86
Penyuluhan Hukum dan Bakti Sosial di Kabupaten Mojokerto. Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Pemerintah Kabupaten Mojokerto menegaskan setiap tanah harus memiliki sertifikat. Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati menegaskan hal tersebut saat menghadiri acara Penyuluhan Hukum dan Bakti Sosial yang diadakan dalam rangka peringatan HUT Ikatan Notaris Indonesia (INI) yang ke-116 dan HUT Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) yang ke-37.

Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Mojokerto, Selasa (16/7/2024), pada giat yang bertajuk 'Notaris dan PPAT Masuk Desa' tersebut, Ikfina mengatakan Kabupaten Mojokerto telah ditunjuk oleh Kementerian Agraria Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) untuk menjadi kabupaten lengkap. Oleh karena itu, Ia mengimbau agar tidak ada tanah yang belum tersertifikatkan.

Selain itu, Ikfina menilai dengan adanya sertifikat tanah, diharapkan bisa menghindari kemungkinan sengketa yang terjadi ke depannya.

"Kabupaten Mojokerto sudah ditunjuk oleh Menteri ATR/BPN untuk menjadi kabupaten lengkap, jadi tidak boleh ada tanah yang tidak ada sertifikatnya, semua tanah harus ada sertifikatnya, harus ada kejelasan kepemilikannya, sehingga nanti tidak perlu ada sengketa," tuturnya.

Sebagai informasi, kabupaten/kota dinyatakan lengkap apabila seluruh bidang tanah terpetakan dan lengkap baik secara spasial dan yuridis yang ditandai dengan data buku tanah dan surat ukur yang diunggah telah akurat antara dokumen fisik dan elektronik.

Di adakan di Balai Desa Lebakjabung, giat penyuluhan hukum tersebut membahas tentang permasalahan waris di masyarakat. Bupati Mojokerto berharap agar kegiatan penyuluhan hukum dan bakti sosial itu bisa bermanfaat bagi warga Desa Lebakjabung yang hadir saat itu.

"Ini tadi berbagi pengetahuan terkait masalah hukum waris, mudah-mudahan bermanfaat, dan sekaligus juga memberikan bantuan sosial untuk warga masyarakat Desa Lebakjabung," ungkapnya.

Dalam momen tersebut, Bupati Ikfina juga menyerahkan secara simbolik bantuan sosial yang berasal dari Notaris dan PPAT Mojokerto untuk diserahkan kepada warga sekitar, dan dilanjutkan dengan ucapan selamat dan harapan. 

"Mudah-mudahan untuk INI dan IPPAT anggotanya diberi kesehatan, kelancaran, dan selalu eksis dalam mendampingi seluruh masyarakat dalam urusan hukum," pungkasnya. (idc/hjr)

#Kabupaten Mojokerto #sertifikat tanah #bantuan hukum