Jumat, 20 September 2024

Rayakan Iduladha 1445 H

Masjid Nurul Iman Rungkut Harapan Surabaya Sembelih 22 Sapi dan 50 Kambing

Diunggah pada : 17 Juni 2024 14:10:05 97
Ketua Panitia Kurban Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah/2024 , Arif P. (kiri) menyaksikan pemotongan daging kurban di halaman Masjid Nurul Iman Rungkut Harapan Suarabaya. Foto : Henry

Jatim Newsroom - Merayakan Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah, Masjid Nurul Iman, Rungkut Harapan Kota Surabaya menyembelih sejumlah 22  ekor sapi dan 50 ekor kambing. Pernyataan tersebut disampaikan Ketua Panitia Kurban Masjid Nurul Iman, Arif P Senin (17/6/2024). 

"Jumlahnya ada 22 ekor sapi, dan 50 ekor kambing. Kami distribusinya itu terbagi menjadi tiga, kepada yang berkurban, fakir atau yang berhak, warga, teman, dan kerabat," tutur Arif P. 

Lebih lanjut, Arif P, menyebutkan, untuk pihak yang berkurban, akan dibagikan sebanyak dua kilogram. Sedangkan untuk yang warga dan fakir satu kilogram. "Sehingga kalau dijumlah itu sekitar 1.200 kilogram kalau dicampur," ujarnya. 

Untuk tukang jagal atau tukang potong hewan, Arif mengungkapkan, mereka diberi upah. "Selain itu semua warga gotong royong, terbagi mulai dari penyembelihan dibantu oleh warga, pencacahan, penimbangan, pengantongan, dan distribusi," ungkap Arif P.

Pembagian daging kurban, dikatakan Arif P, melibatkan RT karena berkaitan dengan pengamanan dan distribusi. "Pengamanan itu untuk yang mempunyai wilayah distribusi data warganya siapa saja," ujarnya. 

Arif P, menuturkan, pembagian daging kurban disini tidak melihat muslim non muslim semua diberikan tanpa terkecuali. "Alhamdulillah tadi ini lancar, hingga distribusi dagingnya," pungkasnya. (Hen/hjr)

#iduladha 2024