Jumat, 20 September 2024

Iduladha 1445 H

Berikut Tips Simpan Daging Kurban Agar Aman Dikonsumsi

Diunggah pada : 17 Juni 2024 21:27:02 349
Kepala Bidang Kesehatan Maysarakat Veteriner, drh. Rina Pujiastuti (kanan) saat ditemui pada prosesi penyembelihan hewan kurban di Masjid Raya Islamic Center Provinsi Jawa Timur, Surabaya, Senin (17/6/2024). Foto : Vivin

Jatim Newsroom - Kepala Bidang Kesehatan Maysarakat Veteriner, drh. Rina Pujiastuti menjabarkan beberapa tips penyimpanan daging kurban agar aman dikonsumsi. Tips tersebut dijabarkannya, saat Ia menghadiri prosesi penyembelihan hewan kurban di Masjid Raya Islamic Center Provinsi Jawa Timur, yang bertempat di Kota Surabaya, Senin (17/6/2024). 

"Setelah daging dipotong, daging itu harus segera didistribusikan tidak boleh terlalu lama disimpan, ketika menyimpan daging harusnya sekali simpan saja, lebih baik di dalam freezer kalau mau digunakan, langsung digoreng dan langsung digunakan tidak boleh disimpan kembali," tutur drh. Rina. 

Lebih lanjut, untuk penyimpanan dalam freezer, drh. Rina menerangkan, daging yang disimpan bisa bertahan antara enam sampai dengan 12 bulan. "dan sebaiknya disimpan dalam potongan-potongan yang kecil sekali, yang kalau mau masak itu dipakai sekali, langsung dimasak tidak boleh dikembalikan lagi ke dalam freezer dan buat wadah tertutup kalau di kulkas," imbau drh. Rina. 

Sedangkan kalau disimpan di kulkas, drh. Rina mengatakan, daging kurban dapat bertahan sampai dua minggu paling lama itu pun juga tergantung suhu kulkasnya.  

"Jadi paling aman memang menyimpan daging itu di freezer dan tidak dicuci terlebih dahulu tidak usah dicuci kalaupun memang dia dalam kondisi kotor, kita cuci harus segera kita masak dengan air," ujar drh. Rina.

Prosesi pembagian daging hewan kurban di Masjid Raya Islamic Center Provinsi Jawa Timur, Surabaya, Senin (17/6/2024). Foto : Vivin

Alasan kenapa lebih baik daging disimpan dalam keadaan sudah terpotong kecil-kecil, drh. Rina menjelaskan, adalah karena ketika daging disimpan dalam freezer maka daging akan membeku.

"Sehingga jika digunakan harus dicairkan dulu, baru bisa dipotong. Sisanya kita masukkan lagi lah, itu tidak boleh jadi kalau seperti ini kan dapat daging seperti ini dipotong langsung terus disimpan dalam tempat yang tertutup dimasukkan dalam freezer jadi dia sekali pakai nanti dagingnya dikeluarkan tidak boleh dikembalikan lagi harus sekali keluar," jelas drh. Rina.

Karena diketahu di Masjid Raya Islamic Center ini, daging hewan kurban dibungkus dengan besek anyaman bambu, drh. Rina menuturkan, konsep penyimpanan itu adalah mengikuti gerakan kampanye go green yang mengurangi plastik supaya tidak merusak lingkungan.

"Karena kita kan dalam rangka kampanye go green ya, jadi makanya kenapa pemerintah juga sekarang menggunakan besek seperti itu, intinya sebenarnya kalau sesuai dengan kaedah untuk makanan yang higienis itu pakai food green. Cuman food green ini kan plastik, yang lumayan mahal sehingga kita pakai yang ke arah go green," pungkasnya. (vin/s) 

#Iduladha #iduladha 2024 #daging kurban