Jumat, 20 September 2024

Lantik 71 Taruna/Taruni Baru, Poltekbang Surabaya Siap Wujudkan SDM Transportasi

Diunggah pada : 3 Oktober 2023 10:12:05 133
Pelantikan 71 Calon Taruna/Taruni di Lapangan Dirgantara Poltekbang Surabaya

Jatim Newsroom – Guna mewujudkan jasa pelayanan transportasi yang profesional, beretika, memiliki standar global dan berintegritas, maka dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) di bidang transportasi yang unggul. 

SDM yang unggul dapat mendukung laju perkembangan di bidang transportasi, khususnya transportasi publik sebagai salah satu sektor yang sangat penting dan strategis dalam pembangunan nasional, serta sebagai urat nadi dalam pembangunan nasional.

Hal ini mengemuka dalam acara pelantikan 71 calon taruna/taruni dari jalur pola pembibitan (Polbit) dan Non Reguler di Lapangan Dirgantara Poltekbang Surabaya, Senin (2/10/2023). Pelantikan ini merupakan wujud Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya siap memulai tahun ajaran baru 2023/2024. 

Saat memasuki lapangan, para taruna/taruni muda ini tampak rapi dalam baris-berbaris dengan diiringi Marching Band Gita Swara Buana. Mereka menuju tengah lapangan untuk mengikuti pelantikan. 

Bertindak sebagai inspektur upacara yakni Direktur Poltekbang Surabaya, Agus Pramuka. Ia menyampaikan harapan dan pesan kepada calon taruna/taruni yang baru dilantik. Ia menekankan Politeknik Penerbangan Surabaya adalah salah satu perguruan tinggi di bawah naungan BPSDM Perhubungan yang telah menghasilkan banyak SDM transportasi khususnya di bidang penerbangan. 

“Kepada calon taruna/taruni Poltekbang Surabaya, kalian harus semangat belajar dan memiliki disiplin yang tinggi serta senantiasa mengembangkan inovasi guna mendukung program pemerintah, dalam memperbaiki seluruh bentuk pelayanan transportasi kepada masyarakat Indonesia,” ujar Agus.

Dengan menekuni dan menjalani pendidikan di Poltekbang Surabaya, para taruna/taruni inilah nantinya akan dapat menentukan baik-buruk pelayanan transportasi Indonesia, khususnya transportasi udara. Taruna/taruni muda Poltekbang Surabaya ini juga telah menjalani Masa Dasar Pembentukan Karakter (Madatukar). Diharapkan setelah mengikuti kegiatan tersebut para taruna/taruni akan mengalami perubahan yang signifikan dalam pemahaman. 

“Kami ingin para taruna/taruni kita punya sikap dan mental serta keterampilan yang baik. Saya juga perlu mengingatkan bahwa kalian akan memasuki proses belajar di lingkungan Poltekbang Surabaya, saya berharap kalian semua dapat menjaga amanah dan kepercayaan yang diberikan dengan cara memiliki motivasi dan dedikasi tinggi serta penuh tanggung jawab dalam menempuh pendidikan di kampus ini,” pesannya.

Dalam kesempatan yang sama, Wadir III Poltekbang Surabaya, Ahmad Kosasih menyebut tujuan digelarnya pelantikan calon taruna/taruni ini menandakan mereka resmi menjadi taruna/taruni Poltekbang Surabaya.

“Upacara pelantikan diikuti sebanyak 71 calon taruna/taruni jalur Polbit dan Non Reguler Pragram Studi Diploma Tiga. Tujuan pelantikan ini tindak lanjut kegiatan Madatukar. Setelah mengikuti pelantikan ini maka sebanyak 71 resmi menjadi taruna/taruni Poltekbang Surabaya,” ujar Wadir III Ahmad Kosasih.

71 taruna/taruni tersebut dari jalur Polbit Program Studi Diploma 3 Manajemen Transportasi Udara (MTU) dan jalur Non Reguler Program Studi Diploma 3 Teknik Listrik Bandara (TLB), Diploma 3 Teknik Navigasi Udara (TNU), Diploma 3 Teknik Pesawat Udara (TPU), Diploma 3 Manajemen Transportasi Udara (MTU), Diploma 3 Teknik Bangunan dan Landasan (TBL) Tahun Akademik 2023/2024.

Acara pelantikan dihadiri oleh para orang tua dari berbagai daerah. Mereka langsung menyaksikan anaknya dilantik sebagai taruna/taruni Poltekbang Surabaya. Di akhir, para orang tua dipersilakan untuk menghampiri anaknya masing-masing dan memasangkan pin serta atribut taruna. Tak sedikit, mereka saling berpelukan, menangis haru untuk melepas rindu kepada anak-anaknya yang mulai memasuki asrama. (idc/s)

#Poltekbang Surabaya #taruna #perhubungan