Jumat, 20 September 2024

208 Perwira Transportasi Poltekbang Surabaya Diwisuda

Diunggah pada : 26 Agustus 2023 6:24:55 181
Upacara Wisuda Taruna/i Tahun 2023 Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya di Lapangan Dirgantara Kampus Poltekbang Surabaya, Jumat (25/08/2023).

Jatim Newsroom - Sebanyak 208 perwira transportasi mengikuti Upacara Wisuda Taruna/i Tahun 2023 Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya di Lapangan Dirgantara Kampus Poltekbang Surabaya, Jumat (25/08/2023).

“Kegiatan wisuda diikuti sebanyak 208 wisudawan yang berasal dari 96 orang Program Reguler Polbit (Pola Pembibitan), 68 orang Program Reguler Non Polbit, 44 orang Program Non Reguler. Mereka semua ini telah menyelesaikan masa pendidikan dan pelatihan di Politeknik Penerbangan Surabaya dengan baik,” kata Direktur Poltekbang Surabaya, Agus Pramuka.

Wisuda Angkatan XX ini sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Direktur Poltekbang Surabaya Nomor : KP-Poltekbang.SBY 1261 Tahun 2023 Tanggal 24 Agustus 2023 tentang Penetapan Kelulusan Akhir Pendidikan dan Pelatihan Program Studi Diploma 3 (D3) di Poltekbang Surabaya. Mereka berasal dari Prodi Teknik Listrik Bandara (TLB) Angkatan 15, Teknik Navigasi Udara (TNU) Angkatan 13 A dan 13 B, Komunikasi Penerbangan (KP) Angkatan 6, Teknik Pesawat Udara (TPU) Angkatan 6 A dan 6 B, Manajemen Transportasi Udara (MTU) Angakatan 6 A dan 6 B, juga Teknik Bangunan dan Landasan (TBL) Angkatan 5.

Dari 208 wisudawan, peraih nilai IPK tertinggi 3,80 diraih oleh wisudawan Winando Vandosyen Program Studi Diploma 3 Komunikasi Penerbangan (KP).

Dilanjutkan pernyataan wisuda dan prosesi wisuda oleh Inspektur Upacara kepada para wisudawan. “Pada hari ini saya Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan melantik para wisudawan Politeknik Penerbangan Surabaya menjadi perwira transportasi,” ujar Djoko Sasono.

Kegiatan diakhiri dengan penyematan evolet dan piagam penghargaan kepada perwakilan wisudawan, dan ditutup amanat oleh Inspektur Upacara. “Selamat kepada para wisudawan serta orang tua wisudawan yang pada saat ini diliputi rasa haru, bangga, dan bahagia atas keberhasilannya dalam menyelesaikan proses pendidikan dan pelatihan di Poltekbang Surabaya,” katanya.

Djoko menyebut para wisudawan Poltekbang Surabaya merupakan putra/putri terbaik bangsa Indonesia. Ia berpesan untuk selalu menanamkan kebanggaan dalam hati dan melakukan hal yang terbaik. Selalu memotivasi diri untuk berlomba-lomba menjadi insan transportasi yang menjunjung tinggi nama bangsa, serta terus menyesuaikan diri dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk meningkatkan daya saing SDM Indonesia dengan negara lain.
 
“Pada tahun 2045 ekonomi Indonesia akan tumbuh menjadi ekonomi terbesar keempat di dunia. Prediksi ini dilatarbelakangi oleh pada tahun 2030-2040 Indonesia akan mengalami bonus demografi. Jumlah penduduk Indonesia usia produktif akan mencapai 64 persen dari total penduduk sekitar 297 juta jiwa. Indonesia akan memiliki banyak potensi, jadi pasar terbesar di dunia, kualitas SDM yang menguasai teknologi, inovatif, produktif, juga mampu mentransformasikan ekonominya. Kami berharap anda dapat menjadi bagian mewujudkan Indonesia Emas 2045. Terus bekerja keras and beyond your limit. Tunjukkan prestasi di dunia kerja,” pesan dia.
 
Hal lainnya, Djoko Sasono juga memberikan pedoman dalam menjalankan karir dan hidup kepada para perwira transportasi. “Hidup adalah untuk mencari kemenangan, kemenangan yang dimaksud di dalam hidup ini adalah apabila kita tidak pernah mengkhianati hati nurani sendiri, tidak pernah memperjualbelikan harga diri dan integritas, dan bangga mengatakan bahwa saya selalu dalam posisi memberi dan berbakti. Bukan menerima dan meminta,” tegasnya.
 
Jadilah perwira transportasi yang cerdas dan cekatan, sehingga mampu berpikir kritis untuk memberikan solusi. “Karena seorang pemenang adalah orang yang seeking solution in any problem. Jadilah seorang yang energik dan berempati, tidak hanya mampu bertindak tapi juga mampu merasa, dan memberikan solusi. Jadilah orang bernyali, sehingga kalian mampu menghadapi segala tantangan dan tugas yang diberikan. Jadilah orang yang tangguh dan berintegritas. Terpenting, jadilah orang yang lentur, karena hanya orang yang mampu beradaptasilah bisa bertahan dan berprestasi,” tandasnya.

Usai upacara wisuda, dilanjutkan acara tambahan. Seperti santunan kepada anak yatim, pemasangan wing wisuda oleh perwakilan orang tua wisudawan, penampilan marching band Gita Swara Buana, penampilan yel-yel dan pelemparan pet oleh wisudawan serta pemberian ucapan selamat kepada wisudawan dari para pejabat BPSDM Perhubungan dan Poltekbang Surabaya. (idc/s)

#Poltekbang Surabaya #taruna