Jumat, 20 September 2024

Lamongan Medical Week 2024 Raih Rekor MURI

Diunggah pada : 25 Mei 2024 10:27:50 60
Collaboration Night Lamongan Medical Week (LMW) 2024, di Lamongan Sport Center. Sumber Foto: Diskominfo Lamongan

Jatim Newsroom - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Lamongan, Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Lamongan, dan Kementerian Agama Lamongan resmi memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan menggelar kegiatan edukasi reproduksi secara seri kepada 5.637 siswa/siswi SMP di Kabupaten Lamongan.

Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Lamongan Sabtu (25/5/2024), piagam tersebut diserahkan langsung oleh Perwakilan MURI, Sri Widayati kepada Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi dalam kegiatan Collaboration Night Lamongan Medical Week (LMW) 2024, di Lamongan Sport Center.

Bupati yang akrab disapa Pak Yes menuturkan, kegiatan yang dianugerahi penghargaan MURI ini memiliki tujuan utama mencegah terjadinya kasus stunting di Lamongan. Mengingat pencegahan stuting menjadi salah satu faktor menyiapkan generasi emas menuju Indonesia Emas 2045 yang unggul dan berdaya saing. Maka dari itu, kegiatan ini menyasar siswa/siswi dari 28 sekolah menengah pertama, dengan membekali edukasi tentang reproduksi.

“Salah satu cara menyambut Indonesia Emas 2045 ialah menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas. Pencegahan terjadinya stunting bisa dilakukan sedini mungkin,” tutur Pak Yes.

Pak Yes mengungkapkan upaya penurunan dan pencegahan stunting di Kota Soto berhasil. Hal ini dibuktikan dengan penurunan persentase stunting dari angka 27,5% menjadi 9,4% (data dari Survei Kesehatan Indonesia 2023).

Apresiasi atas capaian Lamongan juga disampaikan oleh Sri Widayati, karena edukasi reproduksi yang dikemas dalam kegiatan Young Health Fun Camp ini bersifat serial. Dimulai sejak bulan Januari 2024 dan akan terus berlangsung selamanya. Tentu manfaat dapat sangat dirasakan, terlebih pada era kemajuan teknologi rawan terjadi kenakalan pada remaja.

Ketua IDI Cabang Lamngan, Budi Himawan turut menjelaskan, rangkaian kegiatan yang ada dalam LMW 2024 ini sebagai penanda Hari Bakti Dokter Indonesia yang ke-116 dan Hari Jadi Lamongan ke 455. Sehingga pada momen spesial ini dirayakan dengan memberikan layanan kesehatan jangka pendek hingga panjang kepada masyarakat Lamongan. Bahkan kegiatan peningkatan kapasitas tenaga kesehatan juga dilakukan.

“LMW 2024 kita mulai sejak tanggal 18 Mei hingga 24 Mei. Dalam rangkaiannya banyak sekali kegiatan yang menciptakan kedekatan tenaga kesehatan dengan masyarakat. Seperti layanan kesehatan jangka pendek contohnya pemberian pengobatan gratis dan lainnya, sedangkan layanan kesehatan jangka panjang kita berikan berupa ragam edukasi kesehatan hingga penanaman dua ratus pohon buah (manga, jambu air, jambu kristal, dan lainnya). Hasil buahnya nanti akan disalurkan kepada ibu hamil  hingga pemenuhan gizi pada balita di Lamongan,” kata Budi saat menyampaikan laporan.

Budi menerangkan LMW 2024 tidak hanya diprakarsai IDI cabang Lamongan dan OPD terkait, melainkan juga dibantu oleh layanan kesehatan yang ada di Lamongan hingga akademisi, yakni 14 rumah sakit, 2 kinik pratama, dan 1 universitas.

“Terima kasih atas kolaborasi dan dukungan dari seluruh pihak. Karena memang tahun ini tema kita ialah Kolaborasi Menuju Lamongan Sehat Megilan,” terangnya. (idc/hjr)

#lamongan #stunting #reproduksi #medical night