Jumat, 20 September 2024

KPU Jatim : Masa Kampanye Pilgub 2024 Diawali Deklarasi Damai

Diunggah pada : 19 September 2024 17:59:19 24
Anggota KPU Jatim, Nur Salam (pca)

Jatim Newsroom Tahapan kampanye Pilkada serentak termasuk Pilgub Jatim 2024 akan berlangsung mulai 25 September mendatang. Nantinya, pada hari pertama tahapan tersebut akan diawali dengan deklarasi kampanye damai dengan diikuti seluruh pasangan calon.

 

Komisioner KPU Jatim, Nur Salam dikonfirmasi, Kamis (19/9/2024) mengatakan, proses Pilgub 2024 saat ini sudah akan memasuki sejumlah tahapan krusial. Mulai dari penetapan calon pada tanggal 22 September lalu pengundian nomor urut pada keesokan harinya. Sedangkan masa kampanye akan dimulai 25 September.

 

Adapun Pilgub Jatim sebelumnya diikuti tiga pasangan pendaftar yakni Khofifah-Emil, Risma-Gus Hans dan Luluk-Lukman. "Nanti untuk mengawali masa kampanye kita akan melakukan kampanye damai dalam bentuk deklarasi dengan diikuti Paslon dan tim kampanye masing-masing," kata Salam

 

Rencana ini sudah disampaikan oleh KPU dalam rapat koordinasi beberapa hari lalu. Dalam rakor persiapan masa kampanye tersebut, perwakilan tiga Bapaslon dihadirkan. Menurut Salam, nantinya deklarasi kampanye damai untuk Pilgub Jatim ini rencananya akan berlangsung di Surabaya.

 

Selain Pilgub, Salam menjelaskan deklarasi serupa juga akan berjalan serentak untuk Pilkada di 38 Kabupaten/kota di Jawa Timur. "Deklarasi kampanye damai ini berlaku serentak di hari pertama masa kampanye. Nantinya diikuti oleh masing-masing Paslon di daerah," pungkas Salam yang juga mantan wartawan ini.

 

Sementara itu Komisioner Bawaslu Jatim, Anwar Noris mengungkapkan, masa kampanye ini menjadi salah satu atensi. Sebab itu, sebagai lembaga pengawas, Bawaslu menggencarkan sosialisasi kepada berbagai pihak agar masa kampanye berlangsung damai dan sesuai ketentuan.

 

Salah satu bentuknya adalah dengan mengundang berbagai pihak termasuk pasangan calon. "Kami akan mengajak untuk menjaga stabilitas," ungkap Anwar Noris. (Pca/hjr)

#kpu jatim #pilkada 2024

Berita Terkait

Dihadiri Stakeholder Pemilu dan Bacalon
KPU Jatim Matangkan Tahapan Kampanye Pil...
11 September 2024
thumb
Tidak Ada Pendaftar di Masa Perpanjangan.
KPU ; Lima Daerah di Jatim Lawan Kotak K...
6 September 2024
thumb