Jumat, 20 September 2024

Kominfo Jatim Bahas Strakom Pemerintah bersama Akademisi

Diunggah pada : 28 Februari 2023 17:49:59 63
FGD Diskominfo Jatim dengan Akademisi, di kantor Diskominfo Jatim, Selasa (28/2/2023)

Jatim Newsroom - Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Diskominfo Jatim) bersinergi dengan akademisi, membahas strategi komunikasi, agenda setting, dan pengelolaan media sosial pemerintah. 

Dalam forum group discussion (FGD) yang digelar di kantor Diskominfo Jatim, Selasa (28/2/2023), hadir secara luring 2 (dua) Dosen Ilmu Komunikasi  Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yaitu Putri Aisyiyah Rachma Dewi dan Awang Dharmawan,  dan Dosen Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga, Suko Widodo secara daring.

Kepala Bidang Komunikasi Publik yang juga menjabat sebagai Plt. Kepala Bidang Informasi Publik, Assyari mengatakan, bentuk informasi dan komunikasi publik saat ini telah beralih ke digital dengan begitu cepat dan menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. 

FGD ini diharapkan bisa menelurkan kiat-kiat supaya Media Sosial (Medsos) pemerintah mampu memancing perhatian masyarakat dan menyampaikan informasi dengan lebih baik.

"Kalau kita bisa mengelola media sosial dengan baik, maka kerja-kerja pemerintah bisa tersampaikan dengan lebih baik lagi, masyarakat pun bisa tahu, bisa paham" tutur Assyari. 

Sementara, Dosen Ilmu Komunikasi Unesa, Putri Aisyiyah Rachma Dewi menjelaskan, hal-hal yang bisa meningkatkan engagement media sosial. “Kita perlu mencari tahu apa yang membuat audiens tertarik, membuka, dan bahkan meninggalkan jejak seperti menekan tombol like dan comment. Banyak riset yang mengatakan bahwa netizen biasanya mencari informasi, hiburan, atau apapun yang menarik minat mereka,” jelas Putri. 

Dikesempatan yang sama, Dosen Unesa lainnya, Awang Dharmawan menambahkan, pentingnya penyampaian informasi program dan kegiatan pemerintah, bukan hanya berita-berita seremoni. “Proximity juga penting, artinya faktor-faktor yang membuat netizen dekat dengan isi informasi yang disampaikan. Misal nanti menjelang Ramadan, kita petakan konten-konten menarik yang dibutuhkan masyarakat,” terang Awang. 

Subkoordinator Sumber Daya Komunikasi Publik, Diskominfo Jatim, Eko Setiawan, turut menuturkan “Dalam pembahasan agenda setting ini, kita bukan hanya perlu membahas tema atau topik yang angkat diangkat, tapi juga bentuk kontennya, media yang akan digunakan, sasaran audiens, kapan dipublikasikan, manajemen SDM, dan lain-lain.” (idc/hjr)

#Diskominfo Jatim #Strategi Komunikasi Publik #agenda setting