Jumat, 20 September 2024

Rangkaian Roadshow Bus Antikorupsi

Ketua KAD Jatim Sampaikan Peran Aktifnya dalam Upaya Pencegahan Korupsi

Diunggah pada : 13 Juni 2024 19:07:33 108
Ketua KAD Jatim, Reswanda (baju batik) saat menjadi pembicara dalam talkshow Radio Republik Indonesia (RRI) Surabaya, bertajuk ‘Titik Rawan Korupsi pada Sektor Bisnis Menjelang Pilkada’, di stasiun radio RRI Surabaya, Kamis (13/6/2024). Foto : RRI Surabaya

Jatim Newsroom – Ketua Komite Advokasi Daerah (KAD) Provinsi Jawa Timur, Reswanda, menjelaskan peran aktif KAD dalam upaya melakukan pencegahan korupsi. Hal tersebut disampaikannya saat hadir menjadi pembicara dalam talkshow Radio Republik Indonesia (RRI) Surabaya, bertajuk ‘Titik Rawan Korupsi pada Sektor Bisnis Menjelang Pilkada’, di stasiun radio RRI Surabaya, Kamis (13/6/2024).

“Kami sendiri (KAD Jatim) memiliki peran dalam menjebatani kawan-kawan dari dunia usaha dan Birokrat ini. Jika ada kendala-kendalanya, kita juga simple saja kita melakukan, istilahnya duduk bersama membahas kalau ada isu, ataupun hambatan usaha, kita bahas apa hambatan usaha, Misalnya ada perizinan oh ini tentang masalah perizinan bangunan gedung perizinan tentang lingkungan, atau apapun kita akan melihat,” jelas Reswanda, saat ditemui usai siaran di RRI. 

Selain menjembatani, Reswanda menerangkan, peran KAD Jatim dalam mencegah korupsi di sektor bisnis adalah dengan mengimbau supaya tidak melakukan tindakan korupsi. Dikatakannya, stigma atau pola pikir kebiasaan salah yang terjadi di masyarakat terkait korupsi harus diubah dan diperbaiki supaya dapat kembali ke jalur yang benar. 

“Kita harus perbaiki ya stigma-stigma, paradigma-paradigma yang sudah berkarat seperti ini, harus kita ubah. Nah inilah, kita butuh perjuangan bersama dan dukungan dari kawan-kawan KPK yang sangat luar biasa, kawan-kawan dari Pemprov, dunia usaha, termasuk kawan-kawan media seperti ini maka kami berharap lingkungan dari media bisa sama-sama berjuang untuk melakukan sosialisasi seperti ini,” terang Reswanda. 

Reswanda menekankan, apalagi KAD itu adalah sebuah komite yang sejatinya memang terdiri dari gabungan beberapa pihak terutama komite advokasi di seluruh Indonesia yang seluruh provinsinya sudah ada KAD. 

“Salah satunya Jawa Timur Komite disini ada pihak dari Birokrat, dalam hal ini kawan-kawan dari Pemprov, misalnya dari DPMPTSP, dari Inspektorat, Birohukum, dan lain sebagainya. Di dalamnya juga ada kawan-kawan dari dunia usaha dan asosiasi-asosiasi seperti KADIN, Forum Komunikasi Pengusaha, kawan-kawan dari APINDO juga ada, belum lagi asosiasi-asosiasi usaha ya, seperti asosiasi persepatuan, besi baja Insa, dan lain sebagainya nah, kami sendiri juga ada dari akademisi. Sehingga kerja sama ajakan untuk mencegah korupsi mari kita masifkan untuk dijaga bersama,” pungkasnya.

Diketahui, hadirnya Ketua KAD Jatim, Reswanda dalam siaran radio RRI kali ini merupakan salah satu dalam rangkaian kegiatan Roadshow Bus Antikorupsi program milik KPK RI yang pada tahun 2024 ini berkeliling Pulau Jawa untuk menebarkan benih antikorupsi di masyarakat dari segala lapisan mulai pemerintah hingga tingkat terkecil di masyarakat. Selain, Reswanda, turut hadir pula pembicara lain dalam siaran radio RRI, yakni Direktur Antikorupsi Badan Usaha KPK RI, Aminudin. (vin/s) 

#korupsi #Roadshow Bus Antikorupsi #Antikorupsi #KAD Jatim

Berita Terkait

Rangkaian Roadshow Bus Antikorupsi
Budayakan Antikorupsi, 300 Siswa SMA-SMK...
15 Juni 2024
thumb
Rangkaian Roadshow Bus Antikorupsi
20.786 Masyarakat Surabaya Diedukasi Pen...
15 Juni 2024
thumb
Rangkaian Roadshow Bus Antikorupsi
Rangkaian Roadshow Bus Antikorupsi di Ja...
15 Juni 2024
thumb
Rangkaian Roadshow Bus Antikorupsi
KPK RI Gelar Talkshow 'Anti Corruption T...
14 Juni 2024
thumb
Rangkaian Kegiatan Bus Antikorupsi
Tingkatkan Skor SPI, KPK RI - Kominfo Ja...
14 Juni 2024
thumb