Jumat, 20 September 2024

Kanwil Kemenkumham Jatim Gelar Upacara Peringatan Hari Pengayoman ke-79

Diunggah pada : 19 Agustus 2024 15:00:46 74
Kakanwil Kemenkumham Jatim, Heni Yuwono saat menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Pengayoman ke-79, di Monumen Tugu Pahlawan, Surabaya. Selasa (19/8/2024). Foto : Rafly / JNR

Jatim Newsroom - Memperingati Hari Pengayoman ke-79, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Jawa Timur (Kanwil Kemenkumham Jatim) melaksanakan upacara bendera di Monumen Tugu Pahlawan, Surabaya, Senin (19/8/2024).

Melalui upacara ini, diharapkan semangat para pahlawan mampu menginspirasi jajaran yang dipimpin Kepala Kanwil (Kakanwil) Kemenkumham Jatim, Heni Yuwono untuk senantiasa memiliki semangat pengabdian menuju Indonesia Emas 2045.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Kakanwil Kemenkumham Jatim, Heni Yuwono, yang membacakan amanat Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia (MenkumHAM RI), Yasonna H. Laoly.

"Tema tahun ini mengingatkan kepada kita bahwa pengabdian adalah esensi dari setiap pekerjaan yang kita lakukan," ujar Heni.

Pengabdian untuk negeri, menurut Heni, berarti jajarannya harus siap memberikan yang terbaik. Bukan hanya tataran pelayanan publik, namun juga dalam kepastian hukum, pelindungan HAM serta pembentukan regulasi yang berpihak pada masyarakat.

"Jajaran Kemenkumham harus dapat menjadi garda terdepan dalam mewujudkan negara yang berkeadilan dan demokratis," urai Heni.

Heni mengatakan, perayaan Hari Pengayoman tahun ini, tidak hanya untuk memperingati perjalanan yang telah dilalui, tetapi juga mempertegas visi Kemenkumham untuk Indonesia Emas 2045.

"Kami mengajak seluruh jajaran untuk menggelorakan semangat pengabdian ini dengan bersinergi demi terciptanya sistem hukum yang berkeadilan serta pelindungan HAM yang optimal," ajaknya.

Dalam upacara ini, Kemenkumham Jatim juga memberikan beberapa penghargaan kepada para mitra kerja yang dianggap berperan aktif dalam pemajuan pelayanan hukum dan HAM di wilayah.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim), menerima salah satu penghargaan tersebut sebagai kategori mitra kerja atas dukungan dan kerjasama dalam pembinaan profesi hukum. Penghargaan tersebut diberikan kepada Pj. Gubernur Jatim, yang diterima atau diwakilkan oleh oleh Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur (Sekdaprov Jatim), Bobby Soemiarsono.

Selain beberapa penghargaan, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan tasyakuran memotong tumpeng sebagai wujud rasa syukur kepada tuhan atas peringatan hari Pengayoman yang ke-79 tahun. (vin/s)

Pj. Sekdaprov Jatim, Bobby Soemiarsono saat menerima penghargaan sebagai kategori mitra kerja atas dukungan dan kerjasama dalam pembinaan profesi hukum dari Kanwil Kemenkumham Jatim, upacara Peringatan Hari Pengayoman ke-79, di Monumen Tugu Pahlawan, Surabaya. Selasa (19/8/2024). Foto : Rafly / JNR

#Kanwil Kemenkumham Jatim #Hari Pengayoman ke-79