Jumat, 20 September 2024

Kado Hari Jadi Situbondo ke-205, Pelayaran Perdana Nasional Jangkar - Lembar Resmi Dibuka

Diunggah pada : 15 Agustus 2023 16:48:07 180
Pembukan pelayaran perdana nasional Jangkar-Lembar tepat secara resmi dibuka oleh Bupati Situbondo, Karna Suswandi, bersama Plt. Direktur Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan, Bambang Siswoyo serta Kepala Dinas Perhubungan Pemprov Jatim, Nyono, dengan ditandai pengguntingan pita di pintu masuk kapal di dermaga Jangkar Kabupaten Situbondo, Selasa(15/8/2023).

Jatim Newsroom- Kementerian Perhubungan bersama Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Kabupaten Situbondo meresmikan  pelayaran perdana penyebrangan nasional Jangkar Situbondo - Lembar Lombok Barat di Pelabuhan Jangkar Kabupaten Situbondo, Selasa (15/8/2023).

Pembukan pelayaran perdana nasional Jangkar-Lembar tepat di hari jadi Kabupaten Situbondo ke-205, secara resmi dibuka Bupati Situbondo, Karna Suswandi, bersama Plt. Direktur Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan, Bambang Siswoyo serta Kepala Dinas Perhubungan Pemprov Jatim, Nyono, dengan ditandai pengguntingan pita di pintu masuk kapal di dermaga Jangkar Kabupaten Situbondo.

Bupati Situbondo, Karna Suswandi menjelaskan ide dan angan-angan untuk membuka pelayaran Jangkar - Lambar, di Pelabuhan Situbondo sudah cukup lama sejak dirinya dipilih menjadi Bupati. " Dan Alhamdulillah sekarang bisa terwujud,"ujarnya.

Ia mengatakan, awalnya untuk mewujudkan ide pembukaan pelayaran Jangkar - Lembar dilakukan saat masa Pandemi Covid-19. Dirinya berkonsultasi dengan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menyampaikan  bahwa jika pelayaran ini dibuka akan menghemat waktu supplay logistik ke Lombok Barat kurang lebih dua jam dibandingkan jalur darat, " Jadi kalau melalui pelayaran Jangkar bisa ditempuh 11 jam, jadi hemat 2 jam, juga hemat solar, " ujarnya.

Ia berharap pembukaan pelayaran nasional Jangkar - Lambar tersebut bisa meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar. Oleh karena itu, ia mengajak semua untuk mensosialisasikan pada masyarakat, agar pembukaan pelayaran ini diketahui dan dimanfaatkan," Terkait jadwalnya, akan ada pelayaran tiap hari,"tegasnya 

Sementara itu, Plt Direktur Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan, Bambang Siswoyo dalam sambutannya mengatakan pembukaan pelayaran Jangkar - Lembar dapat mengurangi beban kemacetan di Kabupaten Banyuwangi dan meningkatkan sektor perekonomian dan pariwisata di Kabupaten Situbondo.

"Kami melihat saat Hari Raya, Natal dan Tahun Baru arus pengiriman logistik sangat mendominasi di jalur pelayaran Ketapang Banyuwangi - Lembar Lombok Barat atau Gilimanuk Bali - Lembar, kalau ada pelayaran  Jangkar - Lembar akan dapat memecah kepadatan, " ujarnya.

Selanjutnya, Kementerian Perhubungan nantinya juga akan mengatur pelayanan di Pelabuhan Jangkar Situbondo, mulai dari antrian tiket dan zona antrian masuk berbagai jenis kendaraan, " Kami berharap nantinya bisa ditata dengan baik,"katanya 

Ia juga berharap peran aktif Pemprov Jatim dan Pemkab Kabupaten Situbondo untuk men ingkatkan berbagai fasilitas di Pelabuhan Jangkar. " Dan kami juga berharap agar beban muatan kendaraan maksimal 40 ton, agar dermaga tidak rusak dan demi kenyamanan serta keselamatan," tegasnya. (mad/hjr)

#Kabupaten Situbondo